Kolesterol Tinggi? Konsumsi 6 Herbal Berikut!

by

Jika Anda memiliki kolesterol tinggi, akan menambah timbunan lemak di pembuluh darah Anda yang pada akhrinya dapat menyulitkan aliran darah arteri Anda. Sehingga menyebabkan jantung Anda tidak mendapatkan banyak asupan oksigen dari darah. Hal inilah yang meningkatkan risiko serangan jantung. Sedangkan penurunan aliran darah ke otak Anda juga dapat menyebabkan stroke.

Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi dapat diwariskan, tetapi sering kali merupakan hasil dari pilihan gaya hidup yang tidak sehat, sehingga dapat dicegah dan diobati. Diet sehat, olahraga teratur, dan kadang-kadang obat, serta bahan-bahan alami dapat membantu mengurangi kolesterol tinggi.

Jika anda memiliki kolesterol tinggi, ada baiknya anda mengkonsumsi bahan-bahan herbal berikut:

1. Bawang putih

Bawang putih adalah herbal nomor satu untuk menurunkan kolesterol dan meningkatkan sirkulasi ke jantung. Studi telah dilakukan pada bahan alami ini, kandungannya dapat mengatur kolesterol dalam tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa Bawang putih berhasil menurunkan kolesterol darah, serta menunjukkan bahwa ketika bawang putih dikonsumsi secara sering (setiap hari), kadar kolesterol turun bahkan secara drastis.

2. Kunyit

Ekstrak kuat dari kunyit, kurkumin, dikenal untuk melindungi tubuh dari aterosklerosis. Kurkumin juga menekan penumpukan kolesterol dalam darah. Akar tanaman kunyit menurunkan kadar kolesterol sampai ke titik yang dapat mengurangi peluang Anda terkena penyakit jantung.

4. Beras Merah

Beras merah telah terbukti menurunkan kolesterol. Salam Journal Atherosclerosis yang diterbitkan 2015, menyimpulkan bahwa dosis harian beras ragi merah yang mengandung 10,4 mg bahan aktif monacolin K, konsumsi setidaknya selama empat minggu, dapat menurunkan kolesterol jauaht lebih dari plasebo, dan seefektif obat penurun kolesterol resep dokter.

5. Jahe

Jahe digunakan selama berabad-abad untuk membantu mengatasi sakit perut, ramuan ini juga mampu mencegah penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol. Sebuah penelitian pada tahun 2010 yang dirancang untuk menunjukkan efek anti-hypercholesterolaemic dari jahe pada 48 tikus, menunjukkan bahwa jahe mengkonsumsi teh jahe setiap hari dan menambahkannya ke menu makanan Anda dapat membuat perbedaan besar pada tingkat kolesterol Anda secara keseluruhan.

6. Kacang

Mitos lama yang mengatakan bahwa kacang-kacangan meningkatkan kolesterol telah dibantah oleh berbagai studi ilmiah. Kacang-kacangan tidak hanya dikemas dengan mineral dan vitamin, tetapi mereka sebenarnya kaya akan lemak tak jenuh yang meningkatkan kolesterol baik dan sistem kardiovaskular yang sehat, juga mencegah kenaikan berat badan dan diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *