10 Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan yang Luar Biasa

oleh

Manfaat minyak kelapa

Apa itu minyak kelapa?

Tidak seperti lemak jenuh lainnya yang buruk bagi kesehatan Anda, minyak kelapa adalah salah satu bahan ajaib yang memiliki banyak manfaat. Kulit yang sehat, penurunan berat badan, rambut yang berkilau dan peningkatan kesehatan secara keseluruhan adalah beberapa manfaat yangbisa  Anda dapatkan ketika menggunakan minyak kelapa dalam kehidupan sehari-hari.

Penelitian akhirnya berhasil mengungkap rahasia makanan super yang satu ini yaitu lemak sehat yang dikenal sebagai asam lemak rantai sedang (MCFA). Lemak ini terdiri dari:

  • Asam laurat
  • Asam Kaprilat
  • Asam Capric

Sekitar 62% minyak dalam minyak kelapa terdiri dari 3 asam lemak sehat ini, dan 91% lemak minyak berasal dari lemak jenuh. Komposisi lemak ini menjadikannya salah satu lemak paling sehat dan paling bermanfaat, menurut database nutrisi Kementerian Pertanian Amerika Serikat.

Sebagian besar lemak yang dikonsumsi membutuhkan waktu lama untuk terurai sepenuhnya, tetapi MCFA yang ada dalam minyak kelapa menjadikan sumber energi yang ideal, karena mereka hanya diproses melalui 3 langkah untuk diubah menjadi bahan bakar. Di sisi lain, lemak lain mengalami proses 26 langkah!

MCFA, tidak seperti asam lemak rantai panjang, karena:

  • Tidak mudah disimpan sebagai lemak
  • Lebih cepat dicerna
  • Antijamur dan antimikroba
  • Ukurannya lebih kecil, sehingga bisa menjadi energi secara instan
  • Diproses oleh hati, yang berarti mereka dengan cepat berubah menjadi energi bukannya disimpan sebagai lemak

Berikut ini adalah 10 manfaat minyak kelapa bagi kesehatan:

1. Meningkatkan Tingkat Energi

Seperti disebutkan di atas, minyak kelapa terutama terdiri dari asam laurat, asam lemak yang dicerna secara berbeda dibandingkan dengan kebanyakan lemak jenuh yang terkandung dalam sebagian besar produk susu dan daging. Tubuh Anda tidak menyimpan asam lemak rantai sedang yang dicerna, tetapi justru mentransfernya langsung ke hati di mana mereka diubah menjadi energi dengan sangat cepat.

Mengkonsumsi 3 hingga 4 sendok makan minyak kelapa ke dalam diet harian Anda, dan terutama di pagi hari karena dapat meningkatkan tingkat energi sekitar 5% sepanjang hari.

2. Merawat Kulit

Manfaat minyak kelapa bisa menjadi pelembab yang sangat baik, bahkan untuk kulit kering. Karena tidak mengandung produk berbasis kimia, seperti kebanyakan pelembab, sehingga tidak ada efek sampingnya. Serta, laurat dan asam kaprat yang terkandung dalam minyak ini sebenarnya adalah komponen ASI yang meningkatkan kemampuan bayi untuk memerangi infeksi, sehingga efeknya juga akan dirasakan pada kulit.

Selain itu, minyak kelapa juga mengandung Vitamin E yang berlimpah, sehingga membantu produksi sebum yang benar dan membuka blokir kelenjar. Ini membantu memperbaiki lebih dari sekadar gejala jerawat.

3. Menyeimbangkan Hormon

Dengan tidak adanya turunan asam lemak, tubuh Anda tidak secara efektif menghasilkan hormon yang diperlukan untuk mengatur hal-hal seperti pencernaan, fungsi tiroid, suasana hati, hasrat seksual dan metabolisme. Dan karena minyak kelapa mengandung asam lemak rantai menengah, ini membantu merangsang pertumbuhan hormon sehat yang meningkatkan pencernaan, mengurangi stres dan kecemasan, meningkatkan tingkat energi dan menghilangkan simpanan lemak, seperti di sekitar pinggang, paha dan bokong.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Minyak kelapa adalah cara terbaik untuk meningkatkan kekebalan karena mengandung lipid antimikroba, asam kaprilat, asam kaprat, dan asam laurat, yang semuanya memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan antijamur. Tubuh manusia mengubah laurat menjadi monolaurin, yang diyakini sebagai cara yang efektif untuk mengobati bakteri dan virus yang menyebabkan penyakit seperti influenza, herpes, HIV dan cytomegalovirus.

5. Mencegah Diabetes

Manfaat minyak kelapa membantu mengontrol kadar gula darah dan meningkatkan sekresi insulin. Ini juga menstimulasi penggunaan glukosa darah secara efektif, sehingga mengobati dan mencegah diabetes.

6. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Seperti yang disebutkan sebelumnya, minyak kelapa meningkatkan kemampuan tubuh kita untuk menyerap nutrisi penting dengan lebih baik. Ini termasuk Magnesium dan Kalsium, yang sangat penting untuk perkembangan tulang yang sehat. Karena itu, sangat berguna untuk wanita paruh baya yang rentan terhadap osteoporosis.

7. Menghilangkan Stres

Minyak kelapa sangat menenangkan, dan karenanya membantu mengurangi stres. Menerapkannya ke kepala Anda, dan diikuti dengan pijatan lembut dapat membantu menghilangkan kelelahan. Sesuai penelitian, minyak kelapa murni menawarkan bantuan dari stres dan juga memiliki sifat antioksidan.

8. Membantu Mernurunkan Berat Badan

Minyak kelapa meningkatkan kemampuan tubuh untuk memecah makanan dan menyerap nutrisi, yang akan memungkinkan Anda untuk mengkonsumsi lebih sedikit makanan tanpa merasa lelah atau lemah sepanjang waktu. Sehingga dapat membantu Anda mencapai penurunan berat badan dengan lebih cepat dan efektif.

9. Menurunkan Kolesterol

Minyak jenuh alami yang terkandung dalam minyak kelapa meningkatkan kolesterol HDL yang baik, dan juga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat, sehingga meningkatkan kesehatan jantung Anda.

10. Meningkatkan Kesehatan Gigi

Manfaat minyak kelapa terakhir. Saat ini, pentingnya minyak kelapa sebagai obat kumur semakin meningkat. Proses ini dikenal sebagai ekstraksi minyak, yang dapat menghilangkan beberapa bakteri yang sangat berbahaya di mulut, mengurangi bau mulut dan meningkatkan kesehatan gigi Anda secara keseluruhan.

No More Posts Available.

No more pages to load.