10 Manfaat Pepaya untuk Kesehatan

oleh

Manfaat Pepaya untuk Kesehatan. Buah pepaya merupakan sumber nutrisi yang sangat mudah ditemukan di daerah tropis seperti Indonesia. Tanaman ini sebenarnya berasal dari Meksiko. Pepaya adalah jenis tanaman yang banyak dipelihara. Pepaya sering ditemukan di halaman rumah penduduk di Indonesia. Manfaat pepaya yang paling efektif adalah melancarkan buang air besar ketika sembelit menyerang.

Manfaat pepaya untuk kesehatan ternyata banyak. Banyak penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi makanan nabati seperti pepaya akan mengurangi risiko berbagai macam penyakit.

Walaupun begitu tidak banyak orang yang tahu akan khasiat buah ini untuk kesehatan tubuh manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah pepaya yang wajib anda ketahui.

Manfaat pepaya untuk kesehatan

 

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh adalah pertahanan tubuh untuk mengobati berbagai penyakit menular yang disebabkan oleh virus, bakteri dan kuman. Vitamin C dan vitamin A yang terkandung dalam pepaya sangat efektif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, sehingga kita terjaga dari semua jenis penyakit seperti pilek, batuk dan penyakit lainnya.

2. Anti inflamasi

Manfaat pepaya juga bisa dirasakan bagi mereka yang menderita artritis, osteoporosis, edama, dsb karena pepaya dapat menghilangkan rasa sakit akibat penyakit-penyakit tersebut. Kandungan enzim anti-inflamasi dalam buah pepaya memiliki sifat untuk mencegah inflamasi atau peradangan.

3. Cegah flu

Buah pepaya memiliki vitamin C yang sangat tinggi, yang berguna sebagai antioksidan dan mencegah berbagai penyakit, seperti flu, batuk, pilek, bahkan kanker.

4. Mencegah serangan jantung

Kandungan antioksidannya yang tinggi dapat mencegah oksidasi kolesterol dan dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

5. Menjaga kesehatan ginjal

Selain pepaya, bijinya juga mengandung nutrisi yang penting untuk kesehatan. Biji pepaya mengandung flavonoid dan fenotik, zat aktif yang berperan penting dalam menjaga kesehatan ginjal.

6. Penyembuh luka

Buah pepaya juga sangat efektif sebagai salep untuk menyembuhkan seperti luka bakar atau luka terbuka lainnya. Karena kandungan enzim proteolitik chymopapain dan papain yang terkandung dalam pepaya dapat mempercepat penyembuhan luka. Buah pepaya dapat digunakan sebagai penyembuhan luka alami yang kuat dan juga berfungsi untuk mencegah luka yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau serangan kuman.

7. Penurunan berat badan

Buah pepaya juga dapat mengurangi jumlah lemak dalam tubuh dan menghilangkannya dengan membakar lemak di dalam tubuh. Selain itu, pepaya dapat memaksimalkan metabolisme dalam tubuh sehingga membakar lemak menjadi energi yang lebih lengkap.

8. Mencegah gejala asma

Seseorang yang memiliki riwayat asma harus waspada jika gejala asma tiba-tiba menyerang. Gejala asma sebenarnya dapat diminimalkan dengan mengkonsumsi nutrisi dalam buah. Salah satunya adalah buah pepaya yang mengandung beta-karoten yang dapat membantu mencegah gejala asma.

9. Baik untuk pengelihatan

Jika Anda memiliki masalah dengan kesehatan mata, Anda harus rajin saat mengkonsumsi pepaya. Hal ini karena beta karoten yang terkandung dalam pepaya akan diubah menjadi vitamin A yang sehat untuk mata.

10. Mencegah penuaan diri

Kandungan antioksidan yang dikandung pepaya berguna untuk menghindari radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai masalah kulit, seperti flek, keriput, dan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *