4 Pola Makan yang Tepat untuk Program Hamil

oleh

Setelah menikah, tentu saja pasutri ingin segera memiliki bayi. Agar dapat memiliki bayi segera, istri dan suami terkadang harus melakukan berbagai cara. Salah satu hal yang harus diperhatikan agar istri bisa cepat hamil adalah dengan menerapkan pola makan yang tepat. Dengan diet yang tepat, pasti akan membantu istri untuk segera hamil. Ada beberapa pola makan atau diet yang bisa diterapkan oleh istri untuk mensukseskan program kehamilan. Berikut adalah 4 pola makan yang tepat untuk program hamil.

1. Konsumsi makanan berprotein

Pola makan yang harus Anda perhatikan adalah meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung protein. Protein nabati dan protein hewani sangat baik untuk kehamilan. Bahkan protein hewani memiliki manfaat baik bagi janin saat istri hamil. Ada beberapa makanan berprotein tinggi yang bisa Anda makan, seperti sarden, tuna, dan salmon.

Protein dalam ikan sangat baik untuk janin karena dapat membentuk saraf janin dan juga dapat mengurangi risiko bayi prematur dilahirkan. Namun tidak semua ikan bisa dikonsumsi. Ada beberapa jenis ikan yang harus Anda hindari, seperti ikan tenggiri dan hiu. Sang istri juga dapat mematuhi protein nabati dari konsumsi biji-bijian dan kacang-kacangan.

2. Konsumsi makanan berkarbohidrat

Karbohidrat sangat penting bagi tubuh. Ketika istri hamil, karbohidrat yang dikonsumsi harus mengandung banyak serat dan sedikit muatan glikemik. Makanan yang mengandung karbohidrat glikemik tinggi dapat meningkatkan gula darah dan ini tidak baik untuk kesehatan janin Anda. Untuk mendapatkan asupan karbohidrat yang cukup, istri bisa mengonsumsi gandum. Tapi tentu saja, Anda harus memperhatikan jumlah porsi.

3. Konsumsi produk susu

Produk yang mengandung susu sangat baik untuk dikonsumsi ketika istri menjalani program kehamilan. Walaupun susu sangat baik, akan baik jika Anda tidak mengonsumsi susu rendah lemak atau bebas lemak. Susu yang rendah lemak dapat segera membuat kehamilan menjadi sulit.

Tapi Anda tidak boleh mengonsumsi susu berlebih. Karena terlalu banyak mengonsumsi susu dapat menyebabkan mengalami masalah kesuburan. Istri bisa makan es krim dan yogurt untuk mendapatkan asupan yang tepat.

4. Konsumsi makanan kaya antioksidan

Istri juga perlu untuk makan makanan yang mengandung antioksidan tinggi. Karena antioksidan dapat membantu meningkatkan kesuburan. Selain itu, antioksidan juga berfungsi membunuh radikal dalam tubuh. Jika ada radikal bebas di dalam tubuh, maka akan berisiko merusak kualitas sel telur dan sperma.

Makanan antioksidan yang bisa Anda konsumsi adalah sayuran, buah-buahan, oatmeal, dan kacang-kacangan. Makanan ini dapat membuahi rahim karena mengandung asam folat, vitamin E, vitamin C dan juga beta-karoten yang tinggi.

Selama program kehamilan, istri harus menerapkan pola makan atau diet yang tepat dan mengandung nutrisi sehat. Dengan mengonsumsi makanan yang tepat dan sehat, tentu akan membantu program hamil yang dijalankan. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *