5 Bahaya Mengkonsumsi Makanan Beku

oleh

Tahukah Anda bahwa makanan beku atau makanan beku favorit Anda dapat menyebabkan beberapa efek samping yang membahayakan kesehatan Anda? Bahaya makan makanan beku sangat tidak terduga, mulai dari penyakit jantung, diabetes, hingga kerusakan sel-sel tubuh. Jadi apa saja bahaya mengonsumsi makanan beku lain yang juga berpotensi mengancam kesehatan Anda?

1. Diabetes

Tepung digunakan dalam proses pembuatan makanan beku agar tetap segar dan tahan lama. Pati ini juga menambah tekstur dan rasa pada makanan. Namun, pati sejati adalah polimer glukosa, atau juga dikenal sebagai “rantai glukosa.”

Tubuh kita mengubah glukosa menjadi gula sebelum dicerna dengan benar. Meskipun tidak mengonsumsi glukosa juga bukan pilihan bijak untuk menjaga tubuh yang sehat, diet yang termasuk konsumsi glukosa berlebihan tidak kurang berbahaya bagi tubuh. Terlalu banyak gula dalam tubuh dapat meningkatkan risiko diabetes dan menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh. Jika salah satu anggota keluarga Anda menderita diabetes, Anda harus mengurangi jumlah konsumsi makanan beku untuk menghindari bahaya makan makanan beku dalam kasus ini.

2. Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah bahaya mengkonsumsi makanan beku berikutnya karena konsumsi kelebihan makanan beku. Makanan beku mengandung banyak lemak trans, yang memiliki dampak negatif pada cara meningkatkan risiko penyakit jantung dan berpotensi menghambat jalur arteri ke jantung. Lemak trans juga dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dengan cepat, dan sebaliknya, juga mengurangi kadar kolesterol baik (HDL), sehingga mempercepat risiko penyakit jantung.

Garam umumnya digunakan dalam jumlah besar sebagai pengawet makanan. Terkadang, makanan beku mengandung banyak garam yang melebihi batas konsumsi yang diizinkan. Ini dapat menyebabkan kadar kolesterol dan tekanan darah yang lebih tinggi. Semua faktor ini buruk bagi tubuh dan menyebabkan bahaya makan makanan beku yang mengerikan.

3. Tekanan Darah Tinggi

Makanan beku umumnya mengandung beberapa jenis pengawet yang dapat menyebabkan berbagai efek negatif pada kesehatan tubuh. Makanan beku, dengan kadar garam dan gula yang tinggi, dapat secara signifikan mempengaruhi tekanan darah dan menyebabkan gejala tekanan darah tinggi atau apa yang disebut hipertensi medis. Tidak sedikit hasil penelitian yang menunjukkan bahwa garam memainkan peran penting dalam menentukan kadar tekanan darah manusia. Beberapa penelitian lain juga menyimpulkan bahwa membatasi asupan garam dalam satu hari memiliki hubungan positif dengan mengurangi risiko terpapar bahaya makan makanan beku dalam kasus ini.

4. Kanker

Kanker adalah bahaya makan makanan beku lain yang berdampak negatif pada kesehatan tubuh. Beberapa penelitian mengkonfirmasi bahwa makan makanan beku dan daging merah dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker, terutama gejala kanker serviks dan penyebab kanker payudara pada wanita. Bahkan, satu penelitian mampu menunjukkan bahwa mengonsumsi hot dog dan sosis beku dalam jumlah berlebihan dapat meningkatkan risiko kanker hingga 65%.

5. Risiko Kesehatan Lainnya

Kita tahu bahwa makanan beku dibuat dengan mencampurkan bahan kimia berbahaya ketika tubuh manusia menelannya untuk mencegah makanan memburuk. Bagian yang paling mengejutkan adalah bahwa US BPOM (FDA) belum memverifikasi keamanan penggunaan sebagian besar zat yang terkandung dalam makanan beku, dan penggunaan bahan-bahan yang mencurigakan ini tidak secara resmi diatur oleh FDA, sehingga masing-masing Pabrik bebas mengolahnya dalam produk yang siap untuk disajikan dan dijual di pasar.

Salah satu aditif yang paling banyak digunakan oleh produsen makanan beku adalah monosodium glutamat (MSG). Seperti kita ketahui, bahaya makan makanan beku yang mengandung MSG dalam jumlah besar termasuk pusing, mual, nyeri dada, jantung berdebar tidak normal, kelelahan dan pusing. Bahkan, dalam jangka panjang, konsumsi berlebihan MSG dapat menyebabkan gangguan pernapasan akut.

Itu dia beberapa bahaya mengkonsumsi makanan beku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *