5 Cara Mengatasi Batuk Pilek pada Anak Secara Alami

oleh

Batuk pilek sepertinya sudah menjadi penyakit umum pada anak-anak. Ini karena anak-anak masih senang mengkonsumsi makanan dan minuman sembarangan. Tidak hanya itu, terkadang anak-anak juga lalai membersihkan sehingga mereka dapat dengan mudah terkontaminasi. Seiring dengan kegiatan mereka bermain bersama teman-teman yang bisa menularkan virus batuk dan pilek.

Nah, jika anak sudah masuk angin dan batuk, yang paling ditakuti secara umum adalah batuk berdahak. Ini karena anak-anak pada umumnya tidak mengerti cara mengeluarkan dahak sehingga tenggorokan mereka terasa tidak nyaman sampai akhirnya menjadi gelisah.

Jika ini masalahnya, orang tua biasanya akan segera panik dan memberi obat kepada dokter. Namun, selain obat-obatan, 5 metode berikut ini sebenarnya cukup efektif untuk mengatasi batuk dan pilek.

1. Biji Labu

Biji labu mengandung omega 3 dan antioksidan yang dapat menekan produksi lendir dalam tubuh. Anda bisa memberikan biji labu rebus dengan sedikit garam sebagai camilan. Memberikan jus labu kepada anak juga dapat membantu kesehatan mereka pulih dengan cepat.

2. Bawang Bombay

Kandungan kuersetin dalam bawang berfungsi sebagai anti-inflamasi yang efektif karena alergi. Selain itu, kuersetin juga dapat mengatasi masalah pernapasan, termasuk mengurangi lendir. Cara menjadikan bawang bombay sebagai obat alami juga sangat mudah. Anda hanya perlu menambahkannya sebagai bumbu makanan di dapur.

3. Jahe

Tidak hanya berfungsi untuk menghangatkan tubuh, jahe juga dapat mengatasi peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Untuk alasan ini, jahe yang diproses di wedang dapat digunakan untuk mengobati pilek pada anak-anak. Tidak hanya itu, jahe juga memiliki aroma yang membuat anak-anak merasa nyaman dan rileks.

4. Nanas

Nanas adalah sumber bromelain terbaik, enzim yang berperan dalam mengatasi pembengkakan dan peradangan. Karena itu, makan nanas dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dengan batuk berdahak.

5. Agar-Agar

Jika makan ini, Si Kecil pasti akan menykainya. Sifat gelatin yang dapat dikunyah akan membantu ekspektat tertarik pada sistem pencernaan. Agar juga kaya serat, yang membuat dahak lebih mudah keluar dari feses.

Nah, itu dia 5 cara mengatasi batuk pilek pada anak secara alami. Selamat mencoba! Pastikan juga untuk mengingat cara-cara di atas sehingga saat sang anak terserang penyakit bisa segera diobati. Tapi ingat, jika anak Anda sembuh, kesehatannya harus benar-benar dijaga. Cobalah untuk meningkatkan kekebalan anak dengan menyajikan makanan sehat berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *