5 Makanan & Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

oleh

Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang harus diperhatikan selama kehamilan. Terutama ketika kondisi kehamilan masih muda, yang lebih rentan terhadap keguguran sehingga harus menjaga pola makan. Bagi ibu hamil, wajib mengetahui beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari selama kehamilan. Berikut ini adalah makanan dan minuman tersebut.

1. Nanas Muda

Buah ini sudah dikenal di dunia nyata sebagai makanan pengugur kehamilan. Jadi, bagi ibu hamil, buah ini tidak boleh dikonsumsi. Dalam nanas muda ini mengandung enzim bromelain. Enzim bromelain sendiri ditemukan di batang dan buahnya. Bromelain adalah jenis enzim proteolitik yang dihasilkan dari cairan nanas. Enzim ini dapat melunakkan daging, sehingga enzim ini bisa menyebabkan keguguran. Pada kondisi kehamilan, kandungan buah nanas muda bisa menghambat perkembangan janin hingga akhirnya keguguran. Sedangkan pada usia kehamilan tua, mengonsumsi nanas muda bisa menyebabkan bayi lahir prematur.

2. Pepaya Muda

Buah pepaya memiliki banyak zat dan nutrisi. Diantaranya adalah vitamin A, vitamin B, beta-karoten dan kalium. Tapi apakah Anda tahu bahwa pepaya muda tidak dianjurkan untuk ibu hamil? Hal ini karena pepaya muda ini mengandung pepsin dalam getah yang bisa menyebabkan keguguran. Selain kandungan pepsin, pepaya muda juga mengandung papain yang dapat mengganggu pertumbuhan janin.

Tingginya konsentrasi getah pada pepaya muda ini dapat menyebabkan kontraksi yang membahayakan janin. Jadi, untuk para suami, jika istri Anda ngidam buah pepaya muda ini seharusnya jangan dituruti.

3. Durian

Mengkonsumsi duiran dalam jumlah sedang bisa membuat perut menjadi panas, untuk orang biasa hal ini tidak terlalu masalah. Tapi bagi ibu hamil tidak dianjurkan! Hal ini karena durian mengandung alkohol, yang menyebabkan perut kita memanas saat dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Konsumsi alkohol dapat menyebabkan bayi prematur, tetapi juga dapat menyebabkan keguguran. Buah durian juga mengandung asam arakidonat. Asam ini dapat memicu pembentukan senyawa prostaglandin di dalam rahim ibu. Senyawa ini sangat berbahaya bagi janin, karena dapat memicu kontraksi parah yang menyebabkan gangguan pertumbuhan janin dan cacat saat lahir atau keguguran. Jadi, bagi para suami jika istri ngidam durian, sebaiknya tidak usah dituruti.

4. Alkohol & Soda

Seperti pada penjelasan sebelumnya, bahwa alkohol sangat berbahaya jika dikonsumsi bagi ibu hamil. Sedangkan untuk minuman bersoda jika dikonsumsi berlebihan juga dapat menyebabkan keguguran. Untuk itu, pastikan mengelola diet dengan tepat dan tidak mengkonsumsi makanan dan minuman yang dilarang. Bagi suami juga tidak selalu harus memanjakan istrinya saat hamil.

5. Jamu Tradisional

Mungkin sebagaian dari Anda belum pernah mendengar bahwa jamu tradisional dapat menggugurkan janin jika dikonsumsi selama kehamilan. Namun, ada beberapa jenis ramuan tradisional yang demikian. Di antara ramuan tradisional yang tidak boleh dikonsumsi karena berbahaya bagi janin adalah Em Kapsul. Karena kapsul ini terbuat dari tumbuh-tumbuhan dan akar tanaman alami. Karena fungsi utamanya adalah untuk mengatasi masalah kewanitaan. Dan efek yang ditimbulkan jika dikonsumsi pada ibu hamil adalah mengalami keguguran. Sementara jamu tradisional tidak dapat sepenuhnya menggugurkan rahim, itu harus dihindari. Tidak semua bentuk alami / herbal dapat memberikan yang terbaik untuk kita dalam kondisi/kehamilan tertentu.

Nah, itu dia beberapa makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi bagi ibu hamil, konsumsilah makanan dan minuman yang sederhana saja seperti 4 sehat 5 sempurna, dan hindari mengkonsumsi terlalu banyak jenis makanan dan minuman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *