6 Cara Alami dan Mudah Mengatasi Insomnia

oleh

Cara mengatasi insomnia sangatlah sederhana, hal ini bisa dimulai dengan berolahraga, mengatur ruangan, membatasi asupan kafein, dan membatasi waktu di depan layar. Untuk lebih lengkapnya simak artikel berikut.

Insomnia atau susah tidur semua orang pasti pernah mengalaminya, dan hal ini merupakan sesuatu yang wajar karena banyak faktor yang mempengaruhinya. Tetapi ada kasus di mana seseorang mengalami insomnia hampir setiap malam sehingga membuat aktifitas di siang hari terganggu. Jika sudah begini insomnia menjadi sebuah penyakit yang harus segera diatasi.

Pil atau obat tidur sering menjadi pilihan pertama bagi sebagian orang yang mengalami insomnia. Namun, obat tidur memiliki efek samping yang dapat memperburuk kondisinya dan tidak mengobati insomnia secara permanen. Untungnya, ada berbagai cara atau metode alami yang dapat anda coba untuk mengatasi insomnia dan agar tidur lebih nyenyak. Apa sajakah itu?

Berikut adalah beberapa cara alami mengatasi insomnia:

1. Gerakkan tubuh Anda

Olahraga untuk mengatasi insomnia

Olahraga telah terbukti mengurangi kecemasan dan meningkatkan kualitas tidur. Tetapi cobalah untuk tidak berolahraga tepat sebelum tidur, karena dapat membuat Anda tetap terjaga. Menggerakkan tubuh Anda di pagi atau sore hari dapat membantu Anda tidur lebih mudah serta membuat siklus tidur dan bangun Anda kembali ke jalurnya.

2. Sesuaikan ruangan Anda

Mengontrol cahaya, suara, dan suhu ruangan dapat membantu Anda mendapatkan tidur malam yang lebih nyenyak. Semakin gelap, tenang, dan normal suhu ruangan Anda, semakin besar kesempatan Anda untuk menenangkan pikiran dan tertidur. Mandi sebelum tidur juga dapat membantu menurunkan suhu tubuh Anda dan membantu Anda tertidur lebih cepat.

3. Batasi kafein dan alkohol

Minum terlalu banyak kafein atau mengkonsumsinya terlalu sore dapat meningkatkan adrenalin Anda dan menghambat tidur. Mengkonsumsi alkohol menjelang tidur juga dapat meningkatkan detak jantung Anda dan membuat Anda tetap terjaga. Selain itu jangan terlalu banyak minum sebelum tidur, karena perjalanan ke kamar mandi dapat membuat Anda terjaga. Sebaiknya buanglah air kecil sebelum tifur.

4. Tenangkan pikiran Anda

Ada banyak teknik relaksasi yang dapat membantu Anda menenangkan pikiran sepanjang hari dan meningkatkan kualitas tidur. Meditasi, beribadah, yoga, dan latihan pernapasan dapat membantu Anda mencapai ketenangan. Jika Anda berlatih teknik untuk menenangkan pikiran di siang hari seperti berjalan-jalan sejenak setelah pulang dari tempat kerja, maka akan lebih mudah memicu respons relaksasi Anda di malam hari.

5. Batasi waktu di depan layar

Ponsel, tablet, dan TV memancarkan cahaya yang membuat otak Anda tetap terjaga, jadi cobalah untuk membatasi waktu satu jam sebelum waktu tidur. Memeriksa pesan atau melakukan pekerjaan tepat sebelum tidur juga dapat memicu pikiran cemas dan membuatnya sulit untuk menenangkan otak Anda. Pertimbangkan mengatur alarm untuk mengingatkan Anda agar mematikan layar pada waktu yang cukup sebelum tidur. Sebagai gantinya, pertimbangkan untuk mendengarkan musik atau membaca buku untuk menenangkan pikiran Anda.

6. Minta bantuan

Terkadang mengatasi masalah insomnia dan meningkatkan kualitas tidur lebih rumit, dan tidak bisa diselesaikan dengan hanya mematikan ponsel atau berolahraga. Jangan pernah ragu untuk meminta bantuan jika Anda membutuhkannya dari dokter atau ahlinya. Insomnia dan kecemasan tidur sangat dapat diobati, jadi pertimbangkan siapa yang dapat Anda mintai bantuan hari ini untuk membantu mengistirahatkan pikiran dan tubuh Anda.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi insomnia. Tidur nyenyak di malam hari sangat penting bagi kesehatan dan memungkinkan Anda menjalani aktifitas sehari-hari dengan lancar. Jadikanlah cara-cara di atas sebuah kebiasaan dan niscaya insomnia Anda akan teratasi. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *