6 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Mengobati Berbagai Penyakit

oleh

Sebelum membahas manfaat-manfaat belimbing wuluh, apakah Anda pernah mendengar tentang belimbing wuluh? Bagi Anda yang membaca artikel ini pasti pernah, untuk itulah Anda ingin mengetahui apa saja manfaatnya.

Belimbing wuluh adalah spesies pohon kecil yang diyakini berasal dari Kepulauan Maluku dan dibesarkan dan dibudidayakan di Indonesia, Filipina, Sri Lanka, Myanmar dan Malaysia. Nama ilmiah Belimbing wuluh adalah Averrhoa bilimbi, belimbing wuluh adalah pohon buah-buahan yang tingginya mencapai 5 m. Batangnya tidak begitu besar, diameternya 30 cm kasar dan bergelombang, dahannya agak miring ke atas.

Tanaman ini biasanya ditanam di halaman rumah untuk menghasilkan buah yang memiliki rasa asam dan juga dapat digunakan sebagai bumbu dalam memasak dan campuran ramuan herbal tradisional.

Ternyata belimbing wuluh ini termasuk buah yang memiliki banyak manfaat lho. Ingin tahu apa saja manfaat belimbing wuluh? Simak ulasannya berikut. 6 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Mengobati Berbagai Penyakit.

1. Mengatasi Diabetes diabetes

Ambil hingga 6 buah belimbing wuluh yang dihancurkan lalu rebus dengan segelas air hingga tersisa setengahnya, lalu saring dan minum 2 kali sehari. Zat asam yang terkandung dalam buah ini sangat efektif dalam membantu menghilangkan dan menekan diabetes dalam tubuh.

2. Mengobati Sakit Gigi

Cara mengilahnya cukup dengan menghancurkan belumbing wuluh dan taruh di bagian gigi yang sakit. Diamkan hingga rasa sakit gigi mereda.

3. Mengatasi Jerawat

Belimbing wuluh mengandung asam yang memberikan sedikit efek perih pada jerawat aktif. Dan ada juga antioksidan dalam belimbing yang dapat membantu mengecilkan dan menyamarkan jerawat di wajah.

4. Mengobati Batuk

Caranya Ambil saja 3 belimbing wuluh, beberapa buah dan gula secukupnya lalu tambahkan secangkir air. Campur selama beberapa jam.

Setelah dingin, disaring dengan kain dan dikonsumsi dua kali, yaitu, pagi dan sore ketika perut masih kosong. Dan khusus untuk batuk berdahak, ambil 10 buah belimbing wuluh yang sudah dicuci, peras dengan dua sendok makan air garam, lalu saring dan minum 2 kali.

5. Menghilangkan Panu

Tentunya Anda semua tahu penyakit panu, kan? Panu adalah jenis penyakit kulit jamur. Jika anda mengalami panu, mengonsumsi belimbing wuluh menjadi alternatif. Karena belimbing wuluh memiliki sifat antijamur yang sangat efektif dalam membantu dan secara bertahap menghilangkan panu.

Ambil belimbing wuluh yang sudah diparut lalu tempelkan belimbing yang telah ditumbuk ke kulit yang ada muncul panu.

6. Mengatasi Sariawan

Untuk manfaat yang satu ini memang agak sedikit ekstrim karena kita tahu belimbing wuluh dengan kandungan asamnya yang tinggi akan membuat sariawan terasa sangat perih, namun percayalah, belimbing wuluh dapat mengurangi rasa perih setelahnya & mempercepat penyembuhan sariawan.

Itulah beberapa manfaat pengobatan dari Belimbing Wuluh. Manfaat Belimbing wuluh untuk kesehatan memang banyak karena unsur alami yang dikandungnya, seperti glikosida, tanin, asam folat, peroksida, saponin, kalsium oksalat, belerang dan kalium sitrat. Rasa asam dari belimbing wuluh dapat digunakan sebagai makanan ringan seperti rujak, salad, acar, jus, dll. Belimbing wuluh juga sangat kaya akan vitamin C. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *