6 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan

oleh

Lidah buaya atau dalam bahasa latin dikenal dengan nama Aloe barbadensis Milleer atau orang lebih sering menyebutnya dengan aloe vera. Selain mempercantik halaman rumah Anda, fungsi lidah buaya ternyata juga menyimpan begitu banyak sala satu manfaatnya baik bagi kesehatan Anda dan keluarga. Tumbuhan yang satu ini bisa tumbuh subur di Indonesia sepanjang tahun. Aloe vera atau lidah buaya memiliki 200 bahan aktif, seperti vitamin, mineral, asam amino dan enzim yang membuat tumbuhan ini banyak dipakai sebagai bahan baku obat-obatan hingga cairan pencuci piring.

Tidak jarang Aloe Vera merupakan tumbuhan yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan kosmetika dan industri farmasi lainnya, selain itu lidah buaya bisa digunakan sebagai minuman dan juga sebagai makanan yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu lidah buaya cukup terkenal sebagai salah satu tanaman yang berkhasiat dan digunakan sebagai obat. Untuk mendapatkan khasiat lidah buaya, Anda bisa memanfaatkan tumbuhan ini secara langsung, atau memakai/mengonsumsi produk yang terbuat dari lidah buaya.

1. Mencerahkan kulit wajah

Semua perempuan menginginkan wajah yang cerah dan bersinar. Tak harus putih, tapi yang pasti tak boleh kusam dan kasar.

Kandungan vitamin A dan E di dalam lidah buaya akan membantu kulit wajah jadi lebih cerah dan tak lagi kusam.

2. Melembapkan wajah

Kulit wajah yang kering akan membuat wajah jadi banyak masalah, termasuk bersisik dan berjerawat.

Untuk membantu melembapkan kulit wajah oleskan gel aloe vera atau lidah buaya secara teratur. Lidah buaya mengandung lignin di dalam gel-nya. Senyawa ini juga akan membantu meningkatkan elastisitas kulit.

3. Mengobati jerawat dan komedo kulit berminyak

Selain melembabkan, gel lidah buaya juga memiliki sifat anti-mikroba yang membantu melawan bakteri penyebab tumbuhnya jerawat pada kulit wajah dan menghilangkan komedo. Untuk memanfaatkan lidah buaya tersebut, kamu bisa menggunakannya sebagai masker.

Haluskan daging lidah buaya hingga berbentuk pasta, lalu tambahkan 3-4 sendok madu. Oleskan campuran tersebut pada wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Bilas hingga bersih dengan air dingin. Lakukan secara rutin, hingga jerawat berangsur menghilang.

4. Menunda penuaan

Kandungan aloe vera yang dimiliki oleh lidah buaya mampu menyamarkan garis halus pada kulit wajah sehingga menunda penuaan. Kandungan vitamin E, C dan beta karotennya juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah.

Cara membuat masker lidah buaya untuk satu ini cukup menghaluskan lidah buaya dengan air mawar dengan blender sebelum mengoleskan di wajah secara merata. Pijat perlahan selama 2-3 menit dan diamkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air dingin.

5. Mengurangi peradangan pada wajah

Manfaat lidah buaya berikutnya adalah mengurangi peradangan pada wajah. Kandungan hormon giberelin dan auksin alaminya dapat mengurangi rasa sakit saat terkena luka. Nggak cuma itu, lidah buaya juga bisa mengurangi peradangan di kulit wajah akibat iritasi, alergi, gigitan serangga hingga terbakar radiasi sinar UV.

Masker lidah buaya akan membantu menyembuhkan lapisan epitel dan jaringan pada kulit yang terbakar sinar matahari serta antioksidan mampu menyembuhkan dan menumbuhkan kembali sel-sel baru. Oleskan lidah buaya pada luka atau alergi yang ada di wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas.

6. Menghilangkan bintik hitam dan flek

Bagi beberapa orang adanya bintik hitam di wajah akan merusak penampilan. Namun ternyata gel lidah buaya juga bisa membantu menghilangkannya.

Anda bisa mengoleskan daging lidah buaya ke bagian yang bermasalah dengan bintik hitam.

Itu tadi manfaat lidah buaya untuk wajah dan rambut. Berdasarkan hasil penelitian, tanaman ini kaya akan kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, terutama rambut. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *