6 Tips Perawatan Wajah Pria yang Wajib Diterapkan

oleh

Perawatan wajah pria meliputi: Cuci muka sebelum tidur, Eksfoliasi kulit wajah, Menjaga kulit wajah tetap lembab, Gunakan tabir surya, Tidur yang cukup, dan Kurangi konsumsi gula. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Ketika kita berbicara tentang perawatan wajah, pasti sebagian besar dari kita segera menyimpulkan jika aktivitasnya hanya didedikasikan untuk wanita. Meskipun pria juga harus menjaga wajah mereka agar tidak menimbulkan berbagai permasalahan wajah yang bisa merusak penampilan.

Perawatan wajah pria dan wanita agak berbeda. Perawatan wajah pria tentu lebih sederhana dibanding wanita. Namun keduanya memiliki satu tujuan yaitu ingin wajahnya selalu tampil bersih dan sehat. Untuk perawatan wajah pria, Anda bisa menerapkan kebiasaan-kebiasaan berikut:

1. Cuci muka sebelum tidur

Perawatan Wajah Pria

Jika Anda ingin kulit wajah sehat, sebaiknya mulailah mencuci muka sebelum tidur. Tidak mencuci muka berarti Anda memberi kesempatan bakteri, kuman, dan kotoran menumpuk dan ‘merusak’ kulit Anda. Akibatnya, kulit Anda akan kusam, memiliki komedo dan jerawat.

Lebih disarankan setelah mencuci muka sebelum tidur, segera oleskan pelembab sesudahnya. Penggunaan pelembab akan merawat kulit Anda saat Anda tidur, seperti regenerasi sel, perbaikan sel kulit mati, perawatan kulit kering atau dehidrasi dan ‘upaya’ untuk membersihkan wajah secara perlahan.

2. Eksfoliasi kulit wajah sekali atau dua kali seminggu

Eksfoliasi kulit wajah atau mengelupas kulit wajah bagian paling luar sekali atau dua kali seminggu juga sangat penting bagi pria. Pengelupasan dilakukan untuk menghilangkan kotoran atau sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Selain itu, pengelupasan kulit membantu menyerap produk perawatan kulit dengan lebih baik. Ingat! Jangan terkelupas lebih dari sekali atau dua kali seminggu, karena hanya akan mengiritasi kulit Anda.

3. Menjaga kulit wajah tetap lembab

Jika Anda memiliki jerawat, obat-obatan atau krim eksternal yang digunakan cenderung mengeringkan kulit Anda, sehingga kurang baik untuk kesehatan kulit. Untuk mengatasinya Anda perlu menggunakan pelembab. Cari pelembab yang tidak menutup pori-pori dan memberikan kelembaban tambahan untuk kulit kering.

Ketahuilah bahwa kulit kering bukanlah tanda bahwa kulit Anda sehat. Tepatnya, kondisi ini harus diperhitungkan ketika kulit kering akan menutup pori-pori yang kemudian menyebabkan jerawat.

4. Gunakan tabir surya

Tabir surya juga termasuk dalam perawatan wajah pria. Terutama bagi mereka yang banyak menghabiskan waktu di lapangan. Pria masih cenderung malas memakai tabir surya, tetapi tahukah Anda konsekuensi atau efek negatif dari ‘kemalasan’ ini? Paparan sinar UV akan menyebabkan tanda-tanda penuaan dini pada wajah, warna kulit tidak teratur, flek hitam, kerutan, dan bahkan kanker kulit. Karena itu, penting untuk mengaplikasikan tabir surya setidaknya 15 menit sebelum Anda beraktifitas di luar bangunan.

5. Tidur yang cukup

Saat Anda tidur di malam hari, kulit akan beregenerasi dan mengalami perbaikan. Untuk itu, tidur dengan durasi yang ckup sangat dibutuhkan. Jika tidur Anda kurang, selain wajah kusam dan pucat, kantung hitam juga akan muncul di bawah mata.

6. Kurangi konsumsi gula

Makanan yang mengandung gula sudah menjadi favorit banyak orang. Namun, kadar gula yang tinggi tidak baik untuk kesehatan, terutama kesehatan kulit karena akan memicu pertumbuhan jerawat. Selain itu, makanan dengan indeks glikemik tinggi juga tidak disarankan untuk dikonsumsi berlebihan karena hanya akan meningkatkan kadar insulin. Peningkatan kadar insulin akan menyebabkan tubuh ‘membesar’. Akhirnya, kelebihan gula darah akan menghasilkan radikal bebas yang juga tidak baik untuk kesehatan tubuh dan kulit.

Nah, itulah beberap perawatan wajah pria yang bisa mulai Anda terapkan. Merawat wajah bukan hanya soal menggunakan produk ataupun mencuci wajah. Tetapi juga menerapkan gaya hidup sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *