7 Faktor Penyebab Kolesterol Tinggi yang Wajib Anda Ketahui

oleh

Faktor Penyebab Kolesterol Tinggi. Kolesterol tinggi adalah gangguan kesehatan yang harus Anda pertimbangkan karena dapat menimbulkan berbagai penyakit berbahaya seperti serangan jantung, stroke, dll.

Penyebab kolesterol tinggi bisa karena serangkaian kebiasaan yang mungkin tidak Anda sadari. Kolesterol tinggi juga dapat terjadi karena beberapa hal lain sebagai berikut.

1. Merokok dan alkohol

rokok dan alkohol menjadi salah satu penyebab kolesterol

Apakah Anda suka merokok dan minum alkohol? Jika demikian, Anda harus berhenti sekarang juga. Anda harus tahu bahwa asap dan racun dalam rokok adalah salah satu penyebab kolesterol jahat naik melebihi batas normal.

Tidak hanya untuk perokok aktif, tetapi juga untuk perokok pasif. Dampaknya dapat membuat mengalami penyumbatan arteri yang menyebabkan berbagai masalah jantung seperti diabetes dan tekanan darah tinggi.

Selain merokok, konsumsi alkohol juga harus ditinggalkan. Konsumsi berlebihan minuman ini dapat menyebabkan kolesterol LDL meningkat tajam.

2. Penyakit

Ada beberapa jenis penyakit tertentu yang dapat meningkatkan kolesterol, seperti diabetes, gangguan kelenjar tiroid, penyakit hati dan ginjal dan tekanan darah tinggi. Perawatan dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan peningkatan kolesterol jahat dan mengurangi kolesterol baik. Beberapa jenis obat yang dimaksud adalah kortikosteroid dan anabolik.

3. Genetik

Jika Anda merasakan kolesterol tinggi tetapi bukan karena kebiasaan buruk atau penyakit tertentu, maka riwayat genetik bisa menjadi penyebabnya. Bisa jadi kolesterol tinggi disebabkan karena keturunan dari nenek, kakek atau bahkan orang tua.

4. Usia

Selain beberapa penyebab di atas, usia juga merupakan salah satu penyebabnya. Seiring bertambahnya usia seseorang, kadar kolesterol jahat dalam tubuh juga akan meningkat. Ini juga dipengaruhi oleh penurunan fungsi dan metabolisme dalam tubuh.

Tidak mengherankan, orang yang lebih tua mungkin memiliki kadar kolesterol LDL yang lebih tinggi daripada anak yang lebih muda. Anda juga harus tahu bahwa kadar LDL dalam tubuh manusia dapat mulai meningkat ketika usia mencapai angka 20.

5. Makanan Instan

Makanan cepat saji adalah salah satu makanan yang tidak sehat tetapi banyak dikonsumsi Masyarakat Indonesia. Makanan cepat saji atau junk food tidak baik karena mengandung beberapa bahan yang menyebabkan masalah kesehatan mulai dari kadar gula tinggi, kadar garam tinggi, lemak tak jenuh hingga lemak trans. Agar kolesterol tidak terus meningkat, mulailah mengganti konsumsi Anda dengan makanan sehat.

6. Kurang Gerak

Kebiasaan menghabiskan waktu duduk untuk waktu yang lama tanpa melakukan apa-apa membuat kita kurang gerak. Akibatnya, kolesterol dapat meningkat terutama jika dikombinasikan dengan kebiasaan makan Anda yang tidak sehat. Anda harus tahu bahwa jika banyak lemak yang tersisa, itu akan terus mengendap di tubuh jika Anda tidak berolahraga atau bergerak.

7. Obesitas

Tidak hanya membuat penampilan Anda berkurang, kelebihan berat badan juga memicu kedatangan penyakit. Beberapa masalah kesehatan yang dimaksud adalah penyakit jantung dan kolesterol tinggi. Kegemukan itu sendiri dapat terjadi karena kurang olahraga pada diet yang buruk.

Jaga diri Anda dengan berolahraga secara teratur dan tentu saja mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang sehat sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *