7 Gejala Kanker Paru-Paru yang Tidak Boleh Diabaikan

oleh

Mendapati gejala kanker paru-paru adalah hal yang menakutkan. Pada tahap awal, gejala-gejala kanker ini dapat meniru kondisi kesehatan lainnya. Ketika kanker berkembang, gejala-gejala ini dapat menjadi lebih parah. Penting untuk mengetahui gejala kanker paru-paru, sehingga anda bisa mengobatinya lebih awal dan meningkatkan peluang untuk bertahan hidup.

Berikut adalah 7 Gejala Kanker Paru-Paru yang Tidak Boleh Diabaikan

Gejala Kanker Paru-Paru

1. Nyeri dada

Nyeri dada harus selalu dianggap serius, meskipun ringan. Kanker paru-paru dapat menyebabkan rasa sakit di dada, punggung dan bahkan di daerah bahu. Rasa sakit yang anda pikir disebabkan oleh batuk mungkin sebenarnya disebabkan oleh kanker paru-paru.

Setiap nyeri dada harus menjadi perhatian dan anda harus segera berkonsultasi dengan dokter. Hal Ini mungkin juga menandakan gumpalan darah yang telah menyebar ke paru-paru atau tanda serangan jantung atau kondisi terkait jantung lainnya.

2. Batuk yang terus-menerus

Hal ini biasanya merupakan gejala pertama. Anda harus berkonsultasi dengan dokter jika anda menderita batuk yang tidak hilang-hilang. Batuk yang berhubungan dengan gangguan pernapasan menghilang dalam satu atau dua minggu. Batuk terus-menerus dapat mengindikasikan masalah lain.

Anda harus berkonsultasi dengan dokter jika batuk menyebabkan kelelahan, membuat anda terjaga di malam hari, atau jika hal ini menggangu anda beraktifitas secara normal. Jangan abaikan batuk kering yang menetap selama beberapa minggu.

3. Mengi

Mengi adalah nafas berbunyi bernada tinggi selama bernafas, hal ini dapat terjadi sebagai akibat dari peradangan, penyempitan, atau penyumbatan saluran napas. Mengi juga dapat disebabkan oleh kanker, alergi, atau asma. Jika anda menderita batuk dalam waktu lama dan mulai mengi, anda harus segera menghubungi dokter.

Mengi dikaitkan dengan kanker stadium lanjut, yang juga menyebabkan kesulitan bernafas. Anda mungkin tidak memiliki gejala ini pada tahap awal.

4. Sesak nafas

Sesak nafas atau sulit bernapas membutuhkan perhatian medis segera. Ini bisa terkait dengan banyak masalah medis, atau stadium lanjut kanker paru-paru.

Kanker paru-paru menggangu pernapasan karena penyakit ini menyempit atau menyumbat saluran udara. Bisa juga dengan cairan dari tumor yang menumpuk di dada.

Anda harus memperhatikan gejala-gejala ini dan pergi ke dokter jika anda merasa sulit untuk bernapas setelah naik beberapa anak tangga atau melakukan tugas-tugas kecil.

5. Penurunan berat badan dan kehilangan nafsu makan

Gejala kanker paru-paru ini adalah salah satu tanda anda menderita penyakit ini. Jika Anda mengalami nyeri dada dan tiba-tiba anda kehilangan berat badan atau kehilangan nafsu makan, anda harus segera memeriksakan diri ke dokter.

Sel kanker mengkonsumsi banyak energi dan anda mungkin mengalami penurunan berat badan 5 kg dalam waktu yang sangat singkat. Jangan berpikir bahwa penurunan berat badan yang dramatis itu sehat.

6. Infeksi seperti Bronkitis dan Pneumonia yang tidak segera sembuh

Mengalami Pneumonia setelah penyakit pernapasan akibat virus atau bakteri adalah tanda sistem kekebalan tubuh yang lemah dan paru-paru yang tidak sehat. Anda mungkin mengalami infeksi paru-paru seperti bronkitis atau pneumonia. Ini disebabkan oleh tersumbatnya jalur pernapasan oleh sel kanker. Paru-paru tidak dapat berfungsi dengan baik karena penyumbatan ini.

7. Batuk darah atau dahak berwarna gelap

Batuk darah bisa menjadi tanda kondisi medis yang serius. Sejumlah kecil darah dalam lendir dapat terbentuk dengan batuk berlebihan, tetapi jika kelihatannya anda mengalami pendarahan dari paru-paru, segera dapatkan bantuan. Hal ini lebih memprihatinkan pada orang tua, terutama mereka yang merokok.

Gejala kanker paru-paru lanjut:

  • Nyeri sendi
  • Pembengkakan pada wajah, lengan atau leher
  • Sakit kepala, pusing atau anggota badan yang menjadi lemah atau mati rasa
  • Kehilangan memori dan kesulitan berpikir
  • Benjolan di daerah leher atau tulang selangka
  • Kesulitan menelan
  • Suara serak

Catatan: Anda harus menemui dokter dan membuat janji sesegera mungkin jika anda memiliki gejala-gejala di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *