7 Kebiasaan Buruk Setelah Makan yang Harus Dihindari

oleh

Makan adalah salah satu kebutuhan utama manusia. Namun, ada beberapa kebiasaan buruk setelah makan yang harus dihindari. Makan sangat penting karena berguna untuk memenuhi energi dan kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan semua orang.

Agar tetap sehat dan dapat melakukan aktivitas sehari-hari. Namun, aktivitas makan ini, jika dilakukan secara tidak benar, dapat menjadi kontraproduktif dan akan berdampak negatif pada kesehatan.

Berikut adalah 7 Kebiasaan Buruk Setelah Makan yang Harus Dihindari:

Kebiasaan Buruk Setelah Makan yang Harus Dihindari

1. Olahraga

Kebiasan buruk setelah makan pertama adalah Olahraga, kegiatan ini melibatkan aktivitas fisik dan mengharuskan Anda banyak bergerak. Berolahraga setelah makan tidak akan membantu makanan turun dengan cepat dan diproses lebih cepat.

Sebaliknya, terlalu banyak gerakan dapat menyebabkan perut berkontraksi dan menjadi meradang dan mengganggu proses pencernaan. Berolah raga setidaknya 30 menit setelah makan. Ini adalah waktu yang cukup bagi tubuh Anda untuk mencerna makanan sehingga tidak mengganggu kesehatan perut Anda.

2. Merokok

Anda harus tahu bahwa merokok adalah salah satu kebiasaan yang paling tidak sehat. Selain tidak baik untuk paru-paru dan jantung, merokok juga 10 kali lebih berbahaya jika dilakukan setelah makan.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa mengisap 1 batang rokok setelah makan sama dengan mengisap hingga 10 batang sekaligus. Artinya, jika kebiasaan ini berlanjut, risiko masalah kesehatan akan meningkat hingga 10 kali lipat.

3. Minum Teh

Minum Teh ternyata juga termasuk kebiasan buruk setelah makan. Teh sering disajikan sebagai minuman di beberapa warung makan. Baik teh panas atau teh dingin. Alasannya karena teh memiliki kandungan asam yang cukup tinggi. Asam ini dapat meningkatkan kandungan protein yang kita makan. Peningkatan ini membuat tubuh sulit untuk mencerna.

Selain itu, teh juga menyerap zat besi dalam makanan hingga 80% dan tubuh membuangnya melalui urin. Meskipun tubuh Anda membutuhkan protein ini, penyerapannya harus maksimal.

4. Tidur

Anda pasti tahu kebiasaan buruk setelah makan yang satu ini. Tidak jarang Anda tidur setelah makan. Dengan perut otomatis, tubuh Anda ingin beristirahat. Namun, jangan tergoda dengan kantuk. Kebiasaan ini tidak hanya berdampak negatif bagi kesehatan tetapi juga penampilan. Perut Anda menjadi lebih rileks sehingga makanan akan sulit dicerna. Selain itu, juga akan menyebabkan infeksi pada lambung dan usus jika diteruskan dalam jangka panjang.

5. Mandi

Kamar mandi memang menyegarkan. Apalagi setelah mengonsumsi makanan pedas. Namun, mandi setelah makan tidak baik untuk kesehatan Anda. Ini karena jika Anda mandi, aliran darah ke seluruh tubuh akan meningkat, terutama di tangan dan kaki.

Aliran darah minimal ke perut akan melemahkan kinerja sistem pencernaan. Jadi makanan yang baru saja masuk ke tubuh akan terhambat.

6. Minum Air dengan Es

Selain teh, minum air dengan es juga termasuk kebiasaan buruk setelah makan. Meminum air dengan es tidak diragukan lagi akan sangat menyegarkan jika dikonsumsi setelah makan. Apalagi saat Anda mengonsumsi makanan pedas. Namun, air es dapat mengganggu sistem pencernaan.

Air es dapat dengan mudah melewati perut dan langsung ke usus. Artinya, air ini tidak mudah diserap oleh tubuh. Air es tidak terlalu menghilangkan dahaga, justru akan membuat Anda semakin haus dan rasa pedasnya tidak akan hilang.

Air es juga akan membekukan makanan berlemak. Lemak beku ini akan menumpuk di usus dan akan menyebabkan penyempitan saluran pencernaan. Akhirnya itu akan menyebabkan perut Anda buncit.

7. Makan Buah-Buahan Tertentu

Tidak disarankan untuk makan buah-buahan tertentu setelah makan. Buah yang harus dihindari adalah buah fermentasi yang mengandung banyak gas. Misalnya nangka dan durian. Untuk menghindari gangguan pencernaan, Anda harus mengonsumsi buah dengan istirahat setidaknya 1 jam setelah makan utama.

Nah, itulah 7 Kebiasaan Buruk Setelah Makan yang Harus Dihindari. Semoga dengan mengetahui hal-hal di atas dapat membuat aktifitas makan Anda menjadi lebih bermanfaat bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *