7 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari saat Sedang Promil

oleh

Setelah menikah, salah satu tujuan dari masing-masing pasangan adalah memiliki bayi. Jika demikian, istri dan suami tidak ingin menunda kehamilan dan ingin segera memiliki anak. Tetapi ada kalanya beberapa pasangan mengalami kesulitan memiliki anak dengan cepat. Sehingga perlu untuk menjalani promil (program hamil) terlebih dahulu.

Nah, saat menjalani promil ini, tentu ada beberapa makanan dan minuman yang dihindari karena dapat menggangu kesuksesan promil. Apa sajakah itu?

1. Makanan dan minuman manis

Selain risiko diabetes dan tekanan darah tinggi, konsumsi gula berlebihan dan pemanis buatan juga dapat menurunkan kualitas sperma. Tentu saja, kualitas sperma yang baik diperlukan agar promil berhasil. Nah, bagi para suami yang berusaha memiliki anak bersama istrinya, cobalah mengurangi asupan gula pada menu harian Anda. Selain lebih sehat, itu juga dapat membuat peluang promil lebih sukses.

2. Daging sapi

Kedua jenis daging ini lezat jika diproses dengan bumbu yang kaya akan rempah-rempah. Sayangnya, bagi Anda yang penggemar daging sapi, Anda harus menjauh dari mereka saat menjalankan promil. Sebuah studi mengatakan bahwa konsumsi protein hewani yang tinggi dapat mempengaruhi kesuburan. Karena alasan ini, Anda harus membatasi jumlah daging merah yang Anda konsumsi. Cobalah makan lebih banyak sayuran yang mengandung omega 3.

3. Buah-buahan dan sayuran yang terkontaminasi pestisida

Meskipun buah-buahan dan sayuran umumnya dianggap makanan sehat, jika kedua makanan tersebut telah terkontaminasi dengan pestisida, efeknya benar-benar berbahaya. Pengawet dan pestisida yang tersisa yang masuk ke tubuh dapat membuat promil Anda gagal. Untuk alasan ini, Anda harus membeli buah-buahan dan sayuran organik yang bebas dari pestisida, atau mencucinya dengan baik dan memasaknya sepenuhnya.

4. Makanan dan minuman berbasis kedelai

Christopher Chong, pakar Obstetri dan Ginekologi di Singapura, menjelaskan bahwa konsumsi makanan berbasis kedelai yang tinggi seperti tahu dan tempe dapat mengurangi jumlah sperma. Ini karena kandungan kedelai ketika memasuki tubuh, fungsinya akan meniru hormon estrogen yang biasanya dimiliki oleh wanita. Maka jumlah sperma akan berkurang.

Karena itu, untuk suami yang sedang promil dengan istrinya harus mengurangi konsumsi makanan berbasis kedelai.

5. Jeroan hewan

Apakah Anda suka jeroan? Nah, ketika Anda sedang jajan hindarilah makan soto babat, sate ati ampela dan berbagai produk kuliner yang dibuat dengan jeroan hewan lainnya. Mengapa? Karena ternyata jeroan hewan mengandung mineral cadmium yang buruk bagi sperma, terutama jika Anda juga banyak merokok.

6. Olahan daging

Apakah Anda suka sosis, daging asap, sate daging dan daging olahan lainnya di rumah? Walau mudah diolah dan juga lezat. Namun, jika saat Anda menjalani promil, Anda harus menghindarinya.

Ini karena daging olahan memiliki lebih banyak kandungan hormon daripada daging asli yang tidak diproses. Daging olahan dalam bentuk sosis, daging asap, sate daging dan daging olahan lainnya dapat mempengaruhi tingkat hormon testosteron, yang pada akhirnya mengurangi kualitas sperma.

7. Jenis makanan yang mengandung gula tinggi

Seperti disebutkan sebelumnya, makanan tinggi gula dapat mengurangi kualitas sperma. Nah, makanan yang mengandung gula tinggi juga sama-sama berbahaya. Makanan tinggi karbohidrat karbohidrat dapat memicu peningkatan kadar glikemik (BG) dalam tubuh Anda. Sebuah studi mengatakan bahwa wanita yang memiliki kadar gula darah tinggi memiliki risiko ketidaksuburan hingga 92%.

Untuk alasan ini, ibu yang menjalani promil harus membatasi asupan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi gula, seperti roti, nasi putih, kue dan minuman manis. Semua makanan ini dapat menyebabkan ovulasi gagal dan peluang keberhasilan promil berkurang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *