,

7 Makanan Pengencer Darah yang Baik bagi Tubuh

oleh

7 Makanan Pengencer Darah

Peran penting darah dalam tubuh kita adalah mengangkut zat-zat penting yang diperlukan tubuh untuk dapat disebarkan ke semua organ tubuh. Pembekuan darah dapat terjadi dengan mudah ketika darah mulau kekurangan trombosit yang akhirnya sel darah akan mengental dan saling menempel.

Jika anda merasakan gejala darah kental sebaiknya anda segera melakukan pemeriksaan ke dokter supaya mendapatkan diagnose dan pengobatan yang tepat dan optimal. Darah yang mengental tersebut tidak baik untuk tubuh maka untuk mengatasinya diperlukan makanan pengencer darah salah satunya adalah mengkonsumsi buah dan sayuran tertentu yang sudah dipercaya dapat membantu proses pengenceran darah sebagai berikut :

1. Tomat
Tomat merupakan buah sekaligus sayuran yang dapat dimanfaatkan untuk pengencer darah yang mudah di temukan. Tomat mengandung Bromelain yang dapat membantu pengenceran darah.Cara mengolahnya sangat mudah ambil 3 buah tomat kemudian tambahkan air dan blender hinga halus. Minum hasil blenderan tomat tersebut sehari 2 kali untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

2. Nanas
Di dalam buah nanas selain bermanfaat untuk penurun kolesterol juga terdapat Bromelain yang bermanfaat dalam mencegah pembekuan darah dan pembetukan plak pada arteri. Cara mengolahnya yaitu dengan memblender 1 buah nanas yang telah dikupas bersamaan dengan air mineral kemudian minum secara rutin.

3. Mangga
Vitamin E yang terdapat dalam buah mangga bermanfaat untuk antikoagulan atau pengencer darah. Vitamin E tersebut yang akan menjadi penghambat tinggiya trombosit. Cara mengolahnya dengan memblender sebuah mangga kupas yang sudah dicuci bersih atur kekentalan dengan menambahkan air. Minum hasil blenderan mangga tersebut secara rutin.

4. Kiwi
Buah kiwi yang bermanfaat untuk diet dan menyehatkan jantung ternyata juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan pencegah pembekuan darah dengan cara mengkonsumsi buah secara langsung 2 sampai 3 bauh setiap hari atau menghaluskannya dengan blender.

5. Anggur Merah/Ungu
Anggur mengandung banyak viramin dan mineral yang dapat bermafaat sebagai pengencer darah alami. Anggur Merah/Ungu mempunyai kandungan flavonoid yang tinggi untuk menghambat atau mencegah pembekuan darah dengan mengkonsumsi 5 – 7 buah setiap hari atau menghaluskannya dengan blender.
Cara Mengolah: Siapkan buah anggur merah/ungu 7 butir cuci sampai bersih kemudian haluskan dengan blender dan tambahkan air untuk mengatur kekentalan lalu minumlah sampai habis sebaiknya dikonsumsi setiap hari secara teratur.

6. Manggis
Buah manggis dapat menormalkan kembali pembekuan darah di dalam tubuh baik dengan mengkonsumsi daging buahnya secara teratur maupun mengkonsumsinya dari ekstrak kulit manggis yang sudah banyak di pasaran. Buah Manggis dalat membantu proses suplay darah ke serluruh organ penting dalam tubuh. Bahkan Manggis dapat mengeluarkan racun berbahaya dalam tubuh dengan mengeluarkannya lewat urine.

7. Delima
Buah delima adalah buah yang dapat membantu mencegah bebagai jenis-jenis penyakit jantung. Delima sangat baik dalam menjaga kesehatan jantung dan mengonsumsinya secara teratur akan mampu mengencerkan kembali darah yang telah menjadi kental.

Ketika darah membeku atau mengental, otomatis aliran darah menuju jantung akan terhambat sehingga fungsi jantung akhirnya mengalami gangguan dan tak mampu bekerja secara optimal. Mengonsumsi buah delima atau jus buah delima secara teratur setiap hari dalam waktu 3 bulan tanpa putus bisa memberikan efek terbaik.

Selain dengan mengkonsumsi makanan makanan pengencer darah diatas, sebaiknya tubuh juga mendapatkan cukup asupan air putih, olahraga ringan, dan menghindari segala penyebab pembekuan darah sehingga pengobatan dan pencegahan tersebut dapat maksimal.

referensi :https://halosehat.com/makanan/buah-sehat/buah-pengencer-darah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *