7 Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Hamil

oleh

Mengatur konsumsi merupakan topik yang sering kali didiskusikan saat kehamilan, seperti makanan apa yang baik untuk dikonsumsi dan juga yang tidak saat hamil

Patsi, akan ada banyak orang yang menyarankan berbagai macam aturan makan, mulai dari anggota keluarga, teman, rekan kerja, tetangga, bibi, nenek, bahkan orang asing. Tentu, hal ini akan membuat Anda kebingungan. Belum lagi keinginan sendiri yang suka ngidam sesuatu.

Mengatur konsumsi selama kehamilan sangat penting untuk pertumbuhan bayi. Para ahli nutrisi menyusun diet kehamilan yang memastikan Anda makan makanan yang sehat dan seimbang.

Diet bukan berarti mengurangi asupan makanan Anda, tetapi hanya memastikan Anda mendapatkan beragam nutrisi yang dibutuhkan Anda dan kandungan butuhkan.

Berikut ini adalah 7 Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Hamil.

1. Buah-buahan dan sayuran

Buah dan sayuran: makanan saat hamil

Buah-buahan dan sayuran adalah sumber vitamin dan mineral. Anda juga mendapatkan kandungan serat yang sehat yang dapat membantu mencegah sembelit.

Kurangi asupan dan pastikan Anda makan 5-6 porsi berbagai buah dan sayuran sehari. Ingatlah untuk mencuci dengan baik sebelum makan.

2. Makanan bertepung

Makanan yang baik dikonsumsi saat hamil yang kedua adalah makanan bertepung. Jika Anda ingin merasa kenyang tanpa menimbun kalori, makanan bertepung seperti roti, pasta, kentang, sereal sarapan, nasi, mie, jagung, millet, ubi jalar, dll, adalah pilihan yang baik. Mereka memberi Anda energi yang dibutuhkan untuk terus beraktifitas, serta vitamin dan serat yang memadai.

3. Protein

Ingatlah untuk menambahkan protein ke dalam diet harian Anda. Ini bisa dalam bentuk:

  • Daging
  • Ikan
  • Unggas
  • Telur
  • Kacang

Pilih saja daging tanpa lemak dan jangan tambahkan minyak tambahan saat memasak daging. Telur, ikan, dan daging harus dimasak seluruhnya. Jangan mengkonsumsi daging mentah atau kurang matang. Daging merah muda atau sedikit merah harus dihindari.

4. Produk susu

Susu juga merupakan maknan yang baik saat hamil. Susu dan produk susu sangat baik selama kehamilan karena kandungan kalsiumnya yang tinggi. Dokter tidak melarang produk susu selama mereka dibuat dari susu yang dipasteurisasi. Namun, pilihlah yang rendah lemak untuk menjaga kalori tetap terkendali.

5. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh memenuhi kebutuhan harian Anda akan Vitamin E, asam folat, zat besi, selenium, dan fitonutrien (pelindung sel) serta menyediakan serat. Pilihlah roti gandum dibanding pasta gandum putih dan beras merah. Selain itu popcorn juga merupakan gandum utuh.

6. Gandum atau beras merah

Jangan lupa untuk menambah asupan karbohidrat yang masuk ke tubuh dengan gandum. Gandum adalah sumber makanan yang mengandung serat, vitamin E dan selenium, yang sangat baik untuk membantu perkembangan janin di perut. Jika Anda tidak suka gandum, Anda bisa menggantinya dengan beras merah.

7. Air Putih

Ibu hamil sangat disarankan untuk minum banyak air. Selain bisa mencegah bayi lahir prematur, air juga sangat berguna untuk mencegah datangnya sembelit (sulit buang air besar) atau infeksi saluran kemih.

Itu dia 7 Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Hamil yang harus Anda sertakan dalam daftar menu selama periode kehamilan. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *