7 Manfaat Durian untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

oleh

Manfaat durian. Durian adalah salah satu buah yang lezat dan disukai oleh beberapa orang. Aroma manis dan menyengat, warna kuning buah dan duri tajam pada kulit adalah ciri fisik yang dimiliki buah Durian. Namun, penggemar Durian akan selalu menunggu musim Durian. Selain manis, buah Durian juga memiliki beragam nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut adalah 7 Manfaat Durian untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui.

1. Meningkatkan tingkat energi

manfaat durian buah

Durian sangat padat akan kalori. Sepotong buah durian 100g, sebagian besar terdiri dari karbohidrat. Sehingga membuatnya ideal untuk meningkatkan tingkat energi anda jika membutuhkannya.

Beberapa orang lebih suka menggunakan durian sebagai makanan sebelum berolahraga karena berharap dapat memberikan kalori tambahan sehingga dapat berolahraga lebih lama.

2. Meningkatkan mood

Salah satu bahan kimia otak yang mengatur mood atau suasana hati adalah neurotransmitter yang disebut serotonin. Kadar serotonin yang rendah paling sering dikaitkan dengan penyakit depresi, sehingga perlu untuk meningkatkan kadar senyawa ini.

Cara alami untuk melakukannya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin B6, karena mengandung serotonin. Buah durian kaya akan vitamin B ini, sehingga mampu meningkatkan mood Anda, terutama jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan penyakit depresi. Karbohidrat juga dipercaya memiliki efek yang sama. Maka dari itulah Durian bisa sangat berguna untuk meningkatkan mood Anda.

3. Menunda penuaan

Proses penuaan tidak bisa dihindari, tetapi bukan berati Anda harus berdiam diri sehingga menyebabkan penuaan dini sebelum waktunya. Buah durian dapat membantu menunda proses ini berkat banyaknya vitamin C yang dikandungnya.

Vitamin C adalah salah satu nutrisi antioksidan terpenting yang menetralkan efek radikal bebas yang dapat mempercepat penuaan. Dengan meminimalkan oksidatif dalam tubuh, kemungkinan penuaan akan menjadi lebih lambat.

4. Melancarkan pencernaan

Meskipun Durian tidak terlihat seperti buah berserat tinggi, namun Durian mengandung sejumlah besar nutrisi ini. Serat makanan sangat penting untuk kesehatan usus dan efisiensi pencernaan secara keseluruhan. Kandungan serat yang tinggi akan membantu pembuangan limbah menjadi lebih cepat melalui saluran pencernaan Anda.

5. Mencegah kanker

Manfaat buah durian dapat membantu mengurangi risiko kanker seperti banyak makanan nabati lainnya, berkat kehadiran nutrisi antioksidan. Selain itu dengan meminimalkan waktu limbah meminimalkan kontak dengan sel-sel usus besar. Diyakini bahwa salah satu faktor utama dalam perkembangan kanker usus besar adalah retensi materi tinja untuk jangka waktu yang lama. Maka dari itu durian bermanfaat untuk mencegah kanker.

6. Mengobati anemia

Buah durian dapat dianggap sebagai obat alami yang sangat efektif untuk anemia, baik untuk perawatan atau pencegahan karena sejumlah nutrisi yang dikandungnya mendukung produksi sel darah merah. Nutri tersebut termasuk zat besi, asam folat, vitamin C dan tembaga, yang membantu menjaga jumlah sel darah merah yang optimal. Kehadiran vitamin C membantu meningkatkan penyerapan zat besi dalam makanan.

7. Mengontrol tekanan darah

Buah durian mengandung kalium mineral elektrolitik yang memainkan peran dasar dalam menjaga tekanan darah normal. Kalium bertindak sebagai penyeimbang terhadap natrium, untuk membantu menghilangkan kelebihan cairan dari tubuh dan memfasilitasi pelebaran pembuluh darah.

Buah durian juga mengandung kalsium dalam jumlah sedang yang berperan memfasilitasi kelenturan pembuluh darah, sehingga bisa mengatasi perubahan volume darah yang diperlukan yang bisa berdampak negatif pada tekanan darah.

Maka dari itu, manfaat durian dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, hipertensi dan bahkan stroke.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *