7 Manfaat Makan Semangka Saat Hamil

oleh

Manfaat makan semangka saat hamil. Semangka adalah buah segar dan manis yang mengandung 90% air. Rasa manis, tekstur buah yang berair dan menyegarkan menjadikan buah semangka menjadi salah satu pilihan utama untuk melawan panasnya musim kemarau yang panjang.

Buah yang berisi merah ini, memiliki sumber nutrisi penting yang sangat baik, termasuk vitamin A, C, B6, magnesium, dan kalium. Semangka juga mengandung serat dalam jumlah tinggi.

Buah semangka banyak dijual di pasaran, sehingga siapa saja yang menginginkannya, bisa segera mendapatkannya. Termasuk ibu-ibu hamil yang sering ngidam buah.

Seperti buah lainnya, semangka juga memiliki khasiatnya sendiri. Berikut ini adalah beberapa manfaat makan semangka saat hamil:

manfaat makan semangka saat hamil

1. Meredakan pembengkakan

Manfaat makan semangka saat hamil yang pertama adalah meredakkan pembengkakan. Edema, atau pembengkakan ringan pada kaki dan tangan sangat umum terjadi selama kehamilan. Semangka yang tinggi airnya dapat memberikan manfaat untuk ibu hamil, yaitu mengurangi penyumbatan pada pembuluh darah dan otot sehingga akan membantu meringankan edema.

2. Meringankan mual di pagi hari

Semangka, jika dikonsumsi di pagi hari, dapat memberikan manfaat untuk ibu hamil, karena memberikan efek yang sangat menyegarkan, menyejukkan, dan ringan bagi tubuh. Semangka juga mengandung energi dan bergizi untuk mencegah mual di pagi hari.

3. Mencegah dehidrasi

Disarankan bahwa semua ibu hamil minum banyak air selama kehamilan untuk mencegah dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan kontraksi dini dan menyebabkan persalinan prematur. Semangka mengandung lebih dari 90% air, dan salah satu manfaat makan semangka saat hamil juga bisa diklasifikasikan sebagai cara terbaik untuk tetap terhidrasi selama kehamilan. Walau pun begitu, tetap harus minum air yang cukup.

4. Meredakan kram otot

Selama kehamilan, tubuh wanita mengalami beberapa perubahan. Berat dan hormon yang tiba-tiba diproduksi dalam jumlah tambahan dapat menyebabkan nyeri otot dan tulang. Mengkonsumsi semangka dalam bentuk apa pun dapat membantu tubuh mengatasi perubahan ini dengan lebih baik dan pada saat yang sama meredakan kram otot.

Selain mengonsumsi semangka (baik utuh maupun olahan dalam berbagai jus), ikuti pula berbagai olahraga untuk melatih otot agar tetap bugar selama hamil. Namun, perhatikan juga olahraga apa yang dilarang untuk ibu hamil.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Saat Anda hamil, tubuh Anda berjuang untuk dua jiwa: Anda dan bayi Anda yang sedang tumbuh di dalam rahim. Setiap aspek kesehatan Anda dapat secara langsung mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak Anda yang belum lahir.

Namun, jangan khawati, Manfaat makan semangka saat hamil secara teratur dapat membantu memperkuat kekebalan tubuh Anda. Buah ini mengandung likopen yang membantu mengurangi kemungkinan preeklamsia hingga 50 persen! Zat ini juga memainkan peran penting dalam membangun kekebalan tubuh Anda yang mungkin menurun selama kehamilan.

6. Mengatasi sembelit

Manfaat semangka saat hamil juga dapat mengatasi sembelit. Masalah ini umum terjadi selama kehamilan. Semangka adalah obat alami yang aman dan andal untuk memperlancar pergerakan usus yang terganggu. Buah ini sangat kaya akan serat, yang sehingga memperlancar pembuangan tinja, dan kandungan airnya yang tinggi akan membantu membersihkan kerak dan memberikan tekanan pada usus.

7. Mendukung perkembangan tulang bayi

Semangka juga sangat kaya akan kalsium dan potasium, sejenis mineral yang berhubungan langsung dengan perkembangan tulang bayi Anda. Karena itu, jangan lupa untuk menjadikan semangka bagian dari menu harian Anda agar bayi lahir lebih kuat.

Pada dasarnya, makan semangka selama kehamilan sangat aman, asalkan mengkonsumsinya dengan cukup. Itulah beberapa manfaat makan semangka saat hamil. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *