8 Manfaat Buah Pir yang Jarang Diketahui

oleh

Buah pir adalah buah yang banyak disukai orang karena rasanya yang segar, manis, dan sedikit asam. Buah ini memiliki rasa yang mirip dengan apel tetapi lebih empuk dan lebih banyak cairannya. Buah pir bukan hanya buah yang enak dimakan, tetapi juga mengandung banyak manfaat karena mengandung berbagai macam nutrisi.

Berikut ini adalah 8 Manfaat Buah Pir yang Jarang Diketahui:

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Untuk meningkatkan kekebalan tubuh, dibutuhkan nutrisi yang cukup. Dan salah satu nutrisi yang paling penting adalah Vitamin C. Karena nutrisi ini adalah antioksidan yang sangat efektif untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga bisa meningkatkan kerja sel darah putih sehingga Anda menjadi lebih kebal terhadap demam, flu, atau penyakit lain yang dipengaruhi oleh sistem kekebalan tubuh.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Sayur dan buah yang memiliki indeks glikemik rendah sangat bagus untuk membantu menurunkan berat badan, karena mereka mengenyangkan dan memiliki kalori yang rendah. Selain itu, buah pir juga kaya akan serat sehingga dapat melancarkan pencernaan dan membantu proses penurunan berat badan.

3. Meningkatkan Kesehatan Hati

Kandungan serat yang banyak dalam buah pir dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda, seperti halnya pada diet tinggi serat lain yang dipercaya dapat menurunkan resiko penyakit jantung. Serat membantu membersihkan asam empedu sehingga akan menurunkan kadar kolesterol dan menjaganya tetap normal. Selain itu, kandungan antioksidan dalam pir juga membantu mencegah peradangan pada pembuluh darah, yang menjadi salah satu penyebab utama serangan jantung dan stroke.

4. Mengontrol Gula Darah

Bahkan jutaan orang tidak menyadari bahwa buah-buahan dapat mengontrol gula darah walaupun buah itu sendiri mengandung gula. Sebagai contohnya adalah buah pir ini, yang memiliki indeks glikemik rendah, artinya mereka tidak dengan cepat diubah menjadi glukosa yang kemudian membanjiri aliran darah. Sebaliknya, mereka sarat dengan serat yang memperlambat penyerapan glukosa ke dalam aliran darah. Ditambah lagi, konsumsi buah pir secara teratur terbukti meningkatkan sensitivitas insulin, yang sering kali menjadi rusak ketika diabetes muncul.

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Sementara sistem kekebalan yang berfungsi secara efisien adalah prasyarat pertama untuk penyembuhan yang tepat, Anda juga perlu memastikan tubuh Anda dapat membuat protein struktural baru secara tepat waktu. Dalam hal ini, kandungan vitamin C pir memfasilitasi sintesis kolagen – protein struktural yang meningkatkan kesehatan sendi dan kulit. Jadi, ketika kolagen diproduksi pada tingkat yang optimal, luka Anda akan lebih cepat menutup dari luar sementara sistem kekebalan Anda mengurus bisnis dari dalam.

6. Detoksifikasi Tubuh

Sementara ginjal dan hati melakukan pekerjaan yang luar biasa untuk memastikan tubuh membuang produk limbah, sedikit bantuan tidak pernah sakit. Pir, berkat kandungan pektinnya yang tinggi, secara aktif mempromosikan pembuangan limbah dan racun dari tubuh. Banyak racun mampu keluar melalui empedu dan feses, yang dikenal sebagai salah satu mekanisme ekskresi limbah yang disukai pir. Dengan demikian, tubuh dapat membuang bahan limbah ini dengan lebih efisien dan kesehatan Anda meningkat untuk berterima kasih karena telah menjadi bos yang baik.

7. Mencegah Sembelit

Kita tahu bahwa dua penyebab sembelit yang paling umum adalah asupan air yang tidak mencukupi, dan makanan yang rendah serat. Ketika dua faktor ini bergabung, hasilnya adalah sembelit kronis, yang bahkan mungkin memerlukan perhatian medis. Namun, dengan hanya memakan buah pir Anda dapat mengatasi masalah ini buah pir memiliki banyak serat, dan kaya akan air, menjadikannya sangat berguna dalam memenuhi kedua persyaratan ini setiap hari. Serat berfungsi lebih banyak bagi kesehatan pencernaan daripada hanya membuat kita menjadi miskin, namun membuatnya lebih penting untuk kesehatan dan kesejahteraan Anda karena bakteri probiotik tergantung pada banyak jenis serat untuk nutrisi. Bakteri probiotik adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh Anda, dan bertindak sebagai pertahanan garis pertama ketika kita makan makanan. Lakukan yang terbaik untuk mendukung kepadatan koloni yang sehat dengan makan lebih banyak serat setiap hari.

8. Membantu Masa Kehamilan

Salah satu nutrisi terpenting selama kehamilan adalah asam folat. Anggota keluarga vitamin B ini membantu mencegah cacat lahir, seperti spina bifida dan kelainan tabung saraf. Bagi mereka yang kesulitan memenuhi kebutuhan asam folatnya, pir dapat membantu menjaga kesehatan anak Anda yang belum lahir dan membuat kehamilan jauh lebih aman. Kandungan serat pada pir juga membantu mencegah kehamilan yang mengganggu terkait sembelit atau wasir, cukup alasan untuk mulai mengkonsumsinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *