6 Buah untuk Menyembuhkan Asam Urat

oleh

Jika pada artikel sebelumnya dibahas 6 Sayur untuk Menyembuhkan Asam Urat, kini kami akan membahas 6 Buah untuk Menyembuhkan Asam Urat.

Asam urat adalah salah satu gangguan pada sendi yang menyebabkan kemerahan, bengkak, dan nyeri mendadak pada sendi. Penyakit ini disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah yang mengkristal dan menumpuk di sekitar sendi.

Asam urat yang tinggi biasanya merupakan hasil dari terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung purin. Purin sebenarnya adalah zat alami yang juga diproduksi oleh tubuh kita. Karena itu, semakin sering seseorang mengonsumsi makanan yang mengandung purin, semakin besar risiko asam urat.

Buah untuk Menyembuhkan Asam Urat

Buah untuk Menyembuhkan Asam Urat

Agar gejala asam urat tidak mengganggu kesehatan, perubahan gaya hidup dan pola makan sangat diperlukan. Termasuk peningkatan konsumsi makanan yang bisa mengurangi kadar asam urat dalam darah. Ternyata mengkonsumsi buah-buahan sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita asam urat. Buah apa sajakah itu? simak daftar berikut.

1. Lemon

Buah-buahan seperti jeruk dan lemon sangat bermanfaat bagi kesehatan karena kaya akan vitamin C asam sitrat yang dapat mengurangi kadar asam urat dalam darah secara efektif. Vitamin C sendiri sudah dikenal sejak lama karena kemampuannya meningkatkan metabolisme asam urat, sehingga kadar zat kimia ini dalam darah bisa berkurang secara drastis.

2. Apel

Buah untuk menyembuhkan asam urat kedua adalah Apel. Dalam apel, ada bahan kimia yang disebut asam malat yang diyakini dapat mengurangi dan menetralkan kadar asam urat dalam darah. Kandungan asam malat dapat diperoleh secara optimal dari pemrosesan apel hingga cuka.

Selain mampu mengurangi kadar asam urat, konsumsi cuka sari apel secara teratur juga dapat mencegah timbulnya peradangan akibat asam urat, serta membersihkan tubuh dari racun lain yang menyebabkan penyakit.

3. Berry

Seperti jeruk, buah-buahan yang termasuk tanaman semak seperti stroberi atau blueberry juga tinggi vitamin C. Seperti yang disebutkan di atas, diyakini bahwa kandungan asam sitrat dalam vitamin C dapat menetralkan kadar asam urat dalam darah.

Untuk memakan buah-buahan ini, Anda bisa memakannya secara langsung atau mengubahnya menjadi jus buah dan meminumnya secara teratur setiap hari.

4. Ceri

Ceri juga termasuk buah yang menyembuhkan asam urat karena dalam ceri ada anthocyanin yang diketahui bermanfaat dalam mencegah peradangan pada sendi dan memiliki kemampuan untuk mengurangi kadar asam urat. Bahkan menurut penelitian, kandungan anthocyanin dapat mencegah asam urat mengkristal dan menumpuk di sekitar sendi.

Untuk mengobati encok, pasien disarankan mengonsumsi ceri sekitar 200 gram sehari. Kandungan anthocyanin tidak hanya ditemukan di ceri, tetapi kita juga bisa mendapatkan bahan kimia ini dari beri dan ubi ungu.

5. Pisang

Buah semua musim ini juga merupakan salah satu buah untuk asam urat yang dapat dikonsumsi untuk mengurangi kadar asam urat yang berlebihan dalam tubuh. Tidak hanya itu, pisang juga dipercaya mengurangi peradangan dan pembengkakan pada persendian karena asam urat.

Dengan mengonsumsi pisang secara teratur, gejala asam urat yang dialami seiring waktu akan berkurang. Karena itu, dalam setiap diet, dianjurkan untuk mengonsumsi 8 hingga 9 pisang sehari selama 3 hingga 4 hari.

6. Buah Zaitun

Buah untuk menyembuhkan asam urat yang terakhir adalah buah Zaitun. Makan buah zaitun adalah salah satu tips diet yang direkomendasikan dokter bagi mereka yang menderita asam urat. Hal iIni tidak lain karena zaitun memiliki zat antiinflamasi alami dan kaya akan vitamin E. Dalam pengobatan, diyakini bahwa vitamin E mengurangi dan menetralkan kadar asam urat dalam darah.

Nah, itu 6 buah untuk menyembuhkan asam urat yang diduga membantu memulihkan peradangan dan rasa sakit pada persendian. Selain mengkonsumsi buah-buahan ini, disarankan untuk membatasi konsumsi makanan yang mengandung purin dan berolahraga teratur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *