Cara Detoks Usus Secara Alami

by

Detoks usus

Detoks atau detoksifikasi adalah proses menghilangkan racun atau toksin dari dalm tubuh (terutama usus) yang akan menimbulkan berbagai macam penyakit yang sangat membahayakan. Racun yang bersarang biasanya berupa kontaminan, yaitu sejenis pengawet, pewarna makanan, pestisida, dan penguat rasa.

Cara Detoks Tubuh

Ada berbagai cara dalam detoksifikasi, namun pada artikel ini, kami akan memberikan tips secara alami. Mengapa alami? karena cara-cara alami adalah cara yang paling mudah untuk dilakukan dan tidak ada efek sampingnya. Nah, berikut cara detoks usus secara alami:

Detoks usus secara alami

1. Mengkonsumsi Makanan Berserat

Detoks usus dengan makanan berserat
Detoks usus dengan makanan berserat

Makanan yang berserat seperti sayuran dan buah-buahan selain memang pada dasarnya baik untuk kesehatan, juga sangat membantu dalam proses detoksifikasi atau pembersihan usus. Makanan berserat secara alami akan membantu melancarkan pencernaan. Juga, Gizi serta vitamin yang terkandung di dalamnya akan memberi kesehatan secara menyeluruh pada tubuh. Sayuran selain mudah untuk ditemukan juga mudah pengolahannya. Sayuran-sayuran yang bagus dalam mendetoks tubuh adalah sayuran hijau seperti bayam dan kangkung. Namun sayuran yang paling efektif adalah brokoli. Karena brokoli mengandung serat yang sangat banyak yang akan sangat membantu dalam membersihkan tubuh dari racun.

Untuk buah-buahan, ada banyak jenis buah yang dapat membantu detoksifikasi dan melancarkan pencernaan. Contohnya seperti Apel, Beri-berian, Pisang, Pir, Alpukat, dan Jeruk.

2. Perbanyak Minum Air Putih


Cara detoksifikasi usus yang paling mudah dan murah adalah dengan meminum air putih sebanyak-banyaknya. Air (H2O) membantu membersihkan sistem pencernaan tubuh dengan menjaga ginjal, hati, usus, dan kelenjar getah bening (organ limbah filter dari tubuh Anda) berjalan lancar.

Jika kekurangan minum air putih maka anda bisa mengalami masalah pada pencernaan. Misalnya susah buang air besar (BAB). Padahal racun akan dikeluarkan melalui feses yang merupakan proses akhir dari detoksifikasi.
Minum air putih yang banyak hingga 2 liter atau lebih adalah cara yang baik agar detoksifikasi berjalan dengan lancar. Ada baiknya juga menggabungkan minum air putih dengan mengkonsumsi serat dari sayuran dan buah-buahan yang banyak.

3. Olahraga


Aktivitas fisik secara rutin akan membantu pengeluaran toksin atau racun melalui keringat. Hal ini sangat efektif sekali, karena olahraga memang selalu mengeluarkan keringat. Selain memacu tubuh untuk berkeringat, olahraga juga meningkatkan sirkulasi darah dan menstimulir sistem limpa.

Itulah beberapa cara detoksifikasi usus agar bersih dari racun. Selain itu, jika usus anda bersih, tubuh anda akan lebih langsing dan sehat.

Namun, perlu diperhatikan. Untuk dapat benar-benar membersihkan usus kita, yang utama adalah gaya hidup. Jika gaya hidup kita tidak sehat maka percuma upaya kita dalam mendetoksifikasi. Jaga gaya hidup dan pola makan yang tidak baik dan berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *