Gerakan Senam Ibu Hamil Sederhana

oleh

Gerakan senam ibu hamil usia 6-8 bulan kehamilan, dilakukan untuk mengisi aktivitas di rumah. Pada usia kehamilan ini, biasanya mereka akan menghabiskan waktu lebih banyak di rumah. Jika tidak beraktivitas, itu akan membuat bosan dan rasa depresi bagi wanita hamil. Ini tentu tidak baik untuk kesehatan janin dan ibu.

Untuk menghabiskan waktu luang, tidak ada salahnya Anda melakukan sederhana senam hamil di rumah. Selain untuk menghindari depresi, senam hamil akan melatih otot-otot pinggul dan otot-otot di sekitar vagina, sebagai persiapan saat melahirkan.

Untuk melakukan gerakan senam ibu hamil tidaklah membutuhkan membutuhkan energi yang banyak agar ibu hamil tidak mudah lelah. Manfaat gerakan tersebut adalah sirkulasi darah ke wanita hamil tidak mudah kesemutan dan mengendurkan otot-otot yang tidak mudah kram serta lebih rileks.

Sebelum memulai gerakan senam ibu hamil, ada baiknya untuk mengetahui beberapa manfaatnya berikut:

  • Menghilangkan stress dan kebosanan
  • Mencegah pembekakkan kaki
  • Untuk menguatkan otot paha
  • Memperlancar persalinan dengan melatih fisik
  • Mengatasi nyeri pinggang
  • Untuk memperkuat dan mengendurkan otot-otot daerah paha dan selangkangan

Gerakan Senam Ibu Hamil

Gerakan Senam Ibu Hamil

Siapkan alat senam terutama tikar lembut dan bantal untuk meminimalkan tekanan bagian tubuh ke lantai yang keras. Pemanasan bisa dilakukan dengan memutar leher, menggerakkan leher ke kiri kanan, memutar tangan atau bergerak maju mundur berulang kali, memutar pinggul dan seterusnya. Ingat, lakukan gerakan-gerakan berikut dengan ringan.

Gerakan lengan dan pungung

  1. Gerakan senam ini dimulai dengan mengangkat lengan lurus di atas kepala, telapak tangan saling
  2. berhadapan. Dan tahan selama 20 detik.
  3. Setelah 20 detik, regangkan kedua lengan selebar mungkin.
  4. Ulangi 5 kali

Gerakan panggul

  1. Gerakan senam dimulai dengan berbaring dengan lutut ditekuk.
  2. Ambil nafas melalui hidung dan otot yang kencang di perut dan pantat (seperti akan menahan)
  3. Tahan selama 5 detik dan keluarkan nafas, secara perlahan.
  4. Lakukan gerakan senam ibu hamil ini sesering mungkin, ketika usia 8 bulan kehamilan

Mencium lantai

Gerakan Senam Hamil ini dilakukan untuk meningkatkan posisi bayi agar bayi kepala menghadap pinggul pada bayi terbalik. Dan bisa dilakukan saat usia 6 bulan kehamilan.

  1. Metode ini biasanya tepat untuk usia 6 bulan kehamilan.
  2. Mulai gerakan dengan berjongkok, dan kemudian membungkuk perlahan sampai hampir mencium lantai. Tahan selama 10 detik.
  3. Setelah Anda bisa mencium lantai, kembali ke posisi sebelumnya.
  4. Lakukan gerakan ini sesering mungkin, sampai posisi bayi benar.

Gerakan lainnya

  1. Ambil posisi duduk di atas matras atau kasur dengan kaki disilangkan. Luruskan punggung dan letakkan kedua tangan di kedua lutut seperti orang yang sedang bermeditasi.
  2. Tenangkan pikiran, tarik napas dalam-dalam hingga Anda merasakan gerakan otot lalu hembuskan selama beberapa kali.
  3. Setelah latihan pernafasan selesai, selonjorkan alas kaki lurus ke depan dengan tangan diletakkan di belakang. Bergantian, angkat kaki ke atas, lalu ke samping masih dalam keadaan lurus.
  4. Kemudian sesuaikan posisi tubuh seperti merangkak dengan kepala dan punggung, dan bokong sejajar, lalu turunkan kepala sampai dia bisa melihat perut sambil mengatur nafas.
  5. Setelah itu berbaring dengan posisi badan miring ke satu sisi. Gunakan bantal untuk kepala dan perut untuk membuatnya lebih nyaman dan menjaga tubuh tetap lurus. Tarik kedua kaki tertekuk ke arah perut dan kemudian lepaskan sambil mengatur nafas.

Itulah beberapa gerakan senam yang bisa dilakukan ibu hamil, gerakan-gerakan cocok untuk ibu hamil dengan usai kehamilan 6-8 bulan. Jika anda melakukan senam ibu hami di atas, dapat membuat pikiran menjadi rileks sehingga siap untuk menghadapi kelahiran. Senam ibu hamil ini aman dilakukan karena gerakannya sederhana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *