10 Manfaat Asam Jawa yang Jarang Diketahui

oleh

Manfaat asam jawa untuk kesehatan meliputi; baik untuk kesehatan jantung, baik untuk penderita diabetes, meningkatkan imunitas, membantu penurunan berat badan, membantu pengembangan otot dan saraf, mendukung pencernaan dan membantu mencegah maag. Manfaat lain termasuk mencegah kanker, memperlambat proses penuaan, dan membantu melawan pilek atau flu.

Asam Jawa adalah semajam buah yang rasanya sangat asam. Biasanya tumbuh di pohon yang besar dan bisa dikonsumsi untuk berbagai keperluan setelah mengering. Cangkangnya mudah dilepas, biasa diolah menjadi permen dan minuman dengan rasa asam manis, asam jawa juga sering digunkan untuk bumbu masakan di berbagai belahan dunia karena sangat mudah untuk tumbuh. Bahkan bijinya bermanfaat karena mengandung minyak.

Kandungan Asam Jawa

msnfsst asam jawa

Asam jawa kaya akan nutrisi dan memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Nama ilmiahnya adalah Tamarindus indica. Daftar nutrisi yang ada di dalamnya cukup panjang. Asam jawa mengandung vitamin E, C, B dan banyak mineral yang berupa Kalsium, kalium, vitamin A, Thiamine, asam tartarat, Fosfor, protein, magnesium, Riboflavin. Bahkan bijinya pun bermanfaat, mengandung sulfur dan kalsium.

Manfaat Asam Jasa

Berikut adalah 10 manfaat asam jawa bagi kesehatan tubuh.

1. Baik untuk kesehatan jantung

Konsumsi asam membantu mengurangi masalah yang berhubungan dengan jantung. Kalium dalam asam bertindak mengontrol tekanan darah anda dengan mengurangi tekanan pada arteri dan pembuluh darah lainnya. Kandungan vitamin C dalam asam jawa membantu melawan radikal bebas yang bisa memperparah kondisi sehingga mengakibatkan penyakit jantung kronis.

2. Baik untuk penderita diabetes

Alpha-amylase adalah senyawa yang ditemukan di asam jawa. Senyawa ini membantu mencegah penyerapan karbohidrat yang bisa berubah menjadi gula. Peningkatan jumlah gula dalam darah juga menyebabkan masalah diabetes. Selain itu, pankreas yang tidak bisa mengontrol kadar insulin dalam tubuh, memunculkan berbagai macam penyakit selain diabetes.

3. Meningkatkan imunitas

Manfaat asam jawa dapat meningkatkan imunitas karena buah ini tinggi akan vitamin C dan vitamin lain yang dikenal karena sifat antioksidannya yang membantu melawan radikal bebas. Asam Jawa juga memiliki sifat antimikroba dan antiseptik yang juga mampu meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh, sehingga dapat menangkal infeksi virus. Selain itu, parasit juga tidak dapat bertahan hidup dalam tubuh yang tinggi antioksidan.

4. Membantu penurunan berat badan

Penurunan berat badan adalah masalah yang dihadapi kebanyakan orang. Asam Jawa dengan semua manfaatnya juga membantu menurunkan berat badan. Ada enzim dalam tubuh yang menyimpan lemak dan asam hidroksisitrat yang ada di dalam asam jawa mencegah proses tersebut.. Asam jawa juga membantu menekan nafsu makan karena meningkatkan neurotransmitter serotonin.

5. Membantu pengembangan otot dan saraf

Kompleks B yang ada dalam asam jawa dalam bentuk tiamin dikenal mampu meningkatkan fungsi saraf dan membantu mengembangkan otot yang lebih kuat. Hal ini membuat tubuh dan fungsinya selalu sehat dan kuat.

6. Baik untuk pencernaan

Daun asam jawa mengandung asam tartarat, asam malat, dan kalium, yang semuanya merupakan komponen yang membantu meningkatkan sistem pencernaan. Daun asam jawa memiliki banyak manfaat bagi perut karena membantu dalam mengobati diare dan sembelit.

7. Mencegah maag

Hanya sistem pencernaan yang sehat yang akan membantu menyerap nutrisi secara maksimal. Maag dapat dicegah dengan mengkonsumsi asam jawa secara teratur. Ekstrak biji asam jawa mengandung senyawa yang menghambat terjadinya maag.

8. Membantu Mencegah Kanker

Kanker disebabkan karena pertumbuhan sel yang berkembang disebabkan oleh radikal bebas. Sebagai sumber antioksidan yang kuat, asam jawa akan meningkatkan antioksidan dalam tubuh, menyebabkan sel kanker tidak mudah berkembang.

9. Anti penuaaan

Asam jawa bisa dimanfaatkan sebagai bagian dari perawatan kulit, membantu melindungi akibat kerusakan sinar matahari dan juga dapat digunakan sebagai exfoliator. Buahnya mengandung Alpha hydroxyl, yang membantu mencegah flek hitam dan jerawat.

10. Antihistamin

Asam Jawa juga membantu melawan pilek dan flu. Yang biasanya disebabkan oleh alergi atau infeksi virus. Namun, asam jawa memiliki sifat antihistamin yang membantu mencegah serangan asma dan jenis pilek dan flu lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *