8 Manfaat Cokelat Hitam untuk Kesehatan

oleh

Manfaat cokelat hitam untuk kesehatan meliputi: menjaga kesehatan mata, meningkatkan sirkulasi darah, menjaga kesehatan psikologis, sebagai penambah energi, menjaga kesehatan mulut, sumber antioksidan, menjaga kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, dll. Manfaat cokelat hitam lainnya termasuk, membuat perut kenyang lebih lama, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan suasana hati.

Pecinta cokelat akan senang mengetahui bahwa cokelat hitam bisa menjadi sumber nutrisi penting bagi tubuh tanpa memiliki efek buruk pada kesehatan dalam jangka panjang. Ahli gizi menyarankan konsumsi cokelat yang dibuat dengan 70% – 80% kakao bermanfaat untuk kesehataan dan kebahagiaan anda secara keseluruhan.

Manfaat Cokelat Hitam

Berikut adalah beberapa manfaat cokelat hitam untuk kesehatan:

1. Menjaga kesehatan psikologis

Manfaat Cokelat Hitam untuk Kesehatan

Mengonsumsi cokelat hitam dapat meningkatkan kesehatan psikologis anda. karena cokelat adalah makanan yang enak dan manis sehingga dapat meredakan stres. Anda dapat mencoba mengkonsumsi sepotong cokelat hitam saat sedang putus asa, cokelat hitam akan meningkatkan suasana hati anda dengan mengurangi tingkat stres dan kecemasan.

Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang sering makan cokelat hitam memiliki kemampuan berpikir yang meningkat.

2. Menjaga kesehatan mata

Para ilmuwan telah membuktikan bahwa cokelat hitam adalah salah satu makanan yang berpotensi meningkatkan kesehatan mata anda secara keseluruhan. Serta, cokelat hitam dapat menghambat terjadinya infeksi mata.

Namun, belum ada penelitian yang membuktian efeknya pada penyakit mata seperti katarak, mata kering, atau degenerasi makula.

3. Meningkatkan sirkulasi darah

Manfaat cokelat hitam lainnya yaitu, cokelat hitam dapat memperlancar sirkulasi darah anda. Ahli gizi menyarankan mengonsumsi cokelat hitam dalam jumlah yang cukup secara teratur dapat memperkuat pembuluh darah. Hal ini karena cokelat hitam dapat menetralisir tekanan darah di tubuh.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa cokelat hitam dapat mengatsi kolesterol berbahaya. Namun perlu dicatat, anda sebaiknya menghindari makan cokelat hitam berlebih jika menderita diabetes.

4. Sebagai penambah energi

Sepotong cokelat hitam dapat memberikan tambahan energi. Anda bisa menjadikan cokelat hitam bagian dari menu harian jika anda membutuhkan tambahan energi atau mudah kelelahan. Anda juga bisa mengunyah sepotong kecil cokelat hitam sebelum sesi olahraga berat, sehingga anda bisa berolahraga lebih lama.

5. Menjaga kesehatan mulut

Anda mungkin berpikir sebaliknya, namun penelitian penelitian telah mengungkapkan bahwa cokelat hitam dapat membantu menjaga kesehatan mulut. Berbeda dengan jenis cokelat lainnya yang cenderung lebih merusak karena tidak mengandung theobromine seperti halnya cokelat hitam.

Theobromine adalah komponen yang berpotensi melawan kerusakan gigi. Nutrisi tersebut dapat memerangi bakteri yang merusak kesehatan mulut anda. Maka dari itu, cokelat hitam dapat menjaga kesehatan mulut anda, tetapi jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan gigi juga.

6. Sumber Antioksidan

Diperkaya dengan antioksidan, cokelat hitam dapat memberikan manfaat ayng luar biasa untuk kesehatan tubuh anda secara keseluruhan. Antioksidan diketahui meringankan berbagai faktor yang merusak kesehatan seperti racun, bahan kimia, bakteri infeksi, radikal bebas, dan bahkan sel kanker.

Antioksidan juga dapat mencegah stres oksidatif terutama disebabkan oleh radikal bebas. Sel-sel ini dapat menghasilkan berbagai jenis kanker dalam tubuh. Jadi, mengonsumsi cokelat hitam dapat mencegah tubuh anda dari gejala yang terkait dengan kanker.

7. Menurunkan tekanan darah

Manfaat cokelat hitam lainnya yaitu, kandungan magnesiumnya yang tinggi dapat membantu menurunkan tekanan darah. Mengkonsumsi makanan ini meningkatkan kadar oksida nitrat yang merupakan zat alami di tubuh kita yang bekerja pada reseptor kecil di pembuluh darah dan membantu melebarkannya. Dengan demikian, dapat menurunkan tekanan darah secara keseluruhan.

8. Menjaga kesehatan jantung

Cokelat gelap mengembalikan fleksibilitas ke pembuluh darah dan pada saat yang sama, mencegah sel darah putih menempel di dinding pembuluh darah. Bakteri usus di perut anda memfermentasi menjadi senyawa anti-inflamasi yang baik untuk jantung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *