, ,

10 Manfaat Kacang Kedelai yang Luar Biasa untuk Kesehatan

oleh

Kacang kedelai sangat baik untuk kesehatan, manfaat kacang kedelai antara lain dapat mencegah serangan jantung dan stroke, membantu mencegah kanker, membantu sistem pencernaan, mencegah osteoporosis, membantu sirkulasi darah, mengobati insomnia, mengobati gejala diabetes, dan lain-lain.

Kedelai adalah sejenis kacang-kacangan yang memiliki berbagai macam jenis, seperti berawarna hitam, coklat, hijau atau kuning. Kacang kedelai mudah sekali ditemui di Indonesia dan sering diolah menjadi menu makan sehari-hari seperti tempe dan tahu.

Kandungan Kacang Kedelai

Manfaat kedelai berasal dari nutrisi, vitamin, dan senyawa organik seperti serat makanan dan protein. Kacang kedelai mengandung vitamin K, riboflavin, folat, vitamin B6, thiamin, dan vitamin C. Sedangkan mineral dalam kedelai antara lain; zat besi, mangan, fosfor, tembaga, kalium, magnesium, seng, selenium, dan kalsium. Selain itu, Kedelai juga merupakan sumber senyawa organik dan antioksidan yang baik, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan anda secara keseluruhan.

Manfaat Kacang Kedelai

Berikut adalah manfaat-manfaat yang bisa diberikan kacang kedelai terhadap tubuh.

1. Mencegah serangan jantung & stroke

Manfaat kacang kedelai membantu serangan jantung

Mengonsumsi makanan kedelai dapat membantu menurunkan kolesterol, karena kandungan serat dalam kedelai dapat bekerja untuk mengurangi penyerapan kolesterol dalam tubuh dan menyingkirkan lapisan yang terbentuk pada permukaan arteri. Karena manfaat inilah kedelai dianggap ramah jantung dan dapat dikonsumsi untuk mencegah kemungkinan terkena serangan jantung atau stroke. Selain itu, asam lemak yang ditemukan dalam kedelai juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

2. Melawan kanker

Kanker adalah penyakit serius yang membutuhkan perhatian dan perawatan yang signifikan. Kacang kedelai bekerja dengan baik dalam membantu tubuh melawan kanker. Seperti kita ketahui, kedelai dikenal kaya akan antioksidan; Kehadiran antioksidan ini membuat kedelai sangat baik untuk menetralkan radikal bebas yang ada dalam tubuh yang menyebabkan kanker.

3. Baik untuk sistem pencernaan

Manfaat kacang kedelai memiliki cukup banyak serat, sehingga dianggap sangat membantu dalam mengobati berbagai masalah pencernaan. Serat yang ditemukan dalam kedelai membantu tubuh mengatur proses pencernaan dan menghilangkan racun dari tubuh anda. Orang yang menderita sembelit, diare, atau kembung dapat menggunakan kacang kedelai untuk melancarkan proses pencernaan.

4. Mencegah osteoporosis

Kekayaan antioksidan dalam kacang kedelai dapat membantu anda meningkatkan kepadatan tulang yang dapat menghasilkan tulang yang lebih kuat. Selain itu, keberadaan kalsium, seng, tembaga, dan magnesium juga membantu meningkatkan kesehatan tulang secara keseluruhan dan dapat memainkan peran penting dalam mencegah dan mengobati masalah seperti osteoporosis.

5. Mengobati insomnia

Kacang kedelai mengobati insomnia

Magnesium penting untuk mengatur siklus tidur yang sehat. Karena inilah kedelai dianggap sangat membantu masalah yang berkaitan dengan tidur seperti insomnia. Kehadiran magnesium dalam kedelai membantu mengatasi insomnia sehingga membuat tidur anda lebih tenang dan nyenyak.

6. Membantu periode menopause

Menopause adalah masa yang sulit bagi setiap wanita sehingga sangat penting untuk mengkonsumsi makanan yang membantu tubuh anda melewati transisi ini dengan mudah dan lancar. Isoflavon yang ditemukan dalam kedelai mencegah tubuh anda merasakan efek buruk dari penurunan kadar estrogen. Sehingga sangat membantu dalam transisi dan mengobati gejala-gejala seperti hot flashes, perubahan suasana hati dan rasa sakit lainnya.

7. Baik selama kehamilan

Manfaat kacang kedelai juga bisa dirasakan ibu hamil. Kedelai kaya akan Vitamin B Complex dan Folic Acid, keduanya penting selama kehamilan. Dengan mengkonsumsi kacang kedelai, akan membantu ibu hamil dalam mengurangi risiko cacat bawaan yang cukup sering disebabkan oleh rendahnya asam folat dan Vitamin B Complex.

8. Mengobati gejala diabetes

Kehadiran isoflavon dan magnesium dalam kedelai dapat meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh dan secara signifikan dapat membantu mereka yang menderita diabetes. Karena tingkat magnesium pada penderita diabetes lebih rendah dari orang normal, sehingga dengan menambahkan kacang kedelai ke dalam menu makan anda dapat membantu tubuh mengendalikan diabetes.

9. Anti-inflamasi

Kedelai juga diketahui memiliki sifat anti-inflamasi yang penting untuk mengobati banyak penyakit serius. Asam alfa-linolenat dalam kedelai membantu mengurangi inflamasi di dalam tubuh. Inflamasi pada tubuh dapat menyebabkan banyak masalah seperti radang sendi atau bahkan kanker. Oleh karena itu, kedelai dapat digunakan secara efektif untuk mengobati masalah yang terkait dengan inflamasi.

10. Mengurangi depresi

Folat dapat sangat membantu pasien yang menderita depresi. Karena itu, konsumsi kedelai dapat membantu tubuh anda melawan depresi dengan membantu proses produksi serotonin. Serotonin akan mengurangi depresi dan meningkatkan mood anda secara signifikan.

Kesimpulan

Kacang kedelai merupakan salah satu bahan olahan makanan yang memiliki nutrisi dan mineral yang penting, sehingga manfaat kacang kedelai baik untuk gaya hidup sehat. Namun, asupan kedelai juga harus dibatasi karena kedelai juga dapat meningkatkan risiko batu ginjal dan menyebabkan reaksi alergi.

5.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *