9 Manfaat Mentimun yang Jarang Diketahui

oleh

Manfaat mentimun termasuk jenis tumbuhan yang sama dengan labu dan semangka (keluarga Cucurbitaceae). Seperti semangka, mentimun terdiri dari sebagian besar (95 persen) air, yang berarti memakannya pada musim panas dapat membantu Anda tetap terhidrasi.

Namun, ada alasan untuk makan mentimun sepanjang tahun. Dengan vitamin K, vitamin B, tembaga, kalium, vitamin C, dan mangan, mentimun dapat membantu Anda menghindari kekurangan nutrisi. Plus, mentimun mengandung polifenol dan senyawa lain yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis dan banyak lagi.

Manfaat Mentimun

Ada berbagai alasan untuk mulai mengkonsumsi mentimun secara teratur. Berikut ini adalah 9 manfaat Mentimun yang jarang diketahui.

1. Melindungi Otak Anda

Mentimun mengandung flavonol anti-inflamasi yang disebut fisetin yang tampaknya memainkan peran penting dalam kesehatan otak. Selain meningkatkan daya ingat dan melindungi sel-sel saraf Anda dari penurunan terkait usia, 1 fisetin telah ditemukan untuk mencegah memori progresif dan gangguan belajar pada tikus dengan penyakit Alzheimer.

2. Mengurangi Risiko Kanker

Mentimun mengandung polifenol yang disebut lignan (pinoresinol, lariciresinol, dan secoisolariciresinol), yang dapat membantu menurunkan risiko kanker payudara, rahim, ovarium, dan prostat. Mentimun ini juga mengandung fitonutrien, yang memiliki sifat anti kanker.

3. Memerangi Inflamasi

Timun dapat membantu “mendinginkan” respons inflamasi dalam tubuh Anda. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak mentimun membantu mengurangi inflamasi yang tidak diinginkan, dengan cara menghambat aktivitas enzim pro-inflamasi.

4. Kaya Akan Antioksidan

Mentimun mengandung banyak antioksidan, termasuk vitamin C dan beta-karoten. Mereka juga mengandung flavonoid antioksidan, seperti quercetin, apigenin, luteolin, dan kaempferol.

Antioksidan berguna untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Serta Kaempferol, dapat membantu melawan kanker dan menurunkan risiko penyakit kronis termasuk penyakit jantung.

5. Menyegarkan Nafas

Menempatkan irisan mentimun di mulut Anda dapat membantu menghilangkan bakteri penyebab bau mulut. Menurut prinsip Ayurveda, makan mentimun juga dapat membantu melepaskan kelebihan panas di perut Anda, yang dikatakan sebagai penyebab utama bau mulut.

6. Mencegah Stres

Mentimun mengandung banyak vitamin B, termasuk vitamin B1, vitamin B5, dan vitamin B7 (biotin). Vitamin B diketahui membantu meringankan perasaan cemas dan melindungi dari beberapa efek stres yang merusak.

7. Baik untuk Pencernaan

Mentimun kaya akan dua unsur paling dasar yang diperlukan untuk pencernaan yang sehat: air dan serat. Menambahkan mentimun ke jus atau salad Anda dapat membantu memenuhi jumlah serat ideal yang dibutuhkan tubuh.

8. Menjaga Berat Badan

Mentimun sangat rendah kalori, dan bisa dijadikan sebagai camilan rendah kalori. Serat larut dalam mentimun larut menjadi tekstur seperti gel di usus Anda, membantu untuk memperlambat pencernaan dan akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama karena makanan yang kaya serat dapat membantu mengontrol berat badan.

9. Baik untuk Kesehatan Jantung

Mentimun mengandung kalium, yang dapat menurunkan tingkat tekanan darah yang tinggi. Keseimbangan kalium yang tepat baik di dalam maupun di luar selsangat penting bagi tubuh Anda untuk berfungsi dengan baik.

Sebagai elektrolit, kalium adalah ion bermuatan positif yang harus mempertahankan konsentrasi tertentu (sekitar 30 kali lebih tinggi di dalam daripada di luar sel) untuk menjalankan fungsinya, yang termasuk berinteraksi dengan natrium untuk membantu mengendalikan transmisi impuls saraf, kontraksi otot, dan fungsi jantung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *