10 Manfaat Luar Biasa Nanas untuk Kesehatan

oleh

Manfaat nanas untuk kesehatan antara lain; bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sumber karbohidrat sehat, menurunkan risiko kanker, membantu menyembuhkan luka, meningkatkan kesehatan usus, memperkuat tulang, meningkatkan kesehatan mata, meningkatkan kesehatan jaringan dan seluler kulit, manfaat lain yaitu bisa membantu meredakan flu dan memperkuat gusi.

Nanas merupakan salah satu buah tropis yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Rasanya sangat manis dan bisa dikupas atau dijadikan jus. Banyak orang yang lebih suka nanas dalam bentuk jus, namun dikonsumsi secara langsung juga sangat enak dan segar.

Manfaat nanas untuk kesehatan cukup banyak dan juga banyak direkomendasikan untuk orang yang menderita komplikasi pernapasan. Selain itu, nanas juga mengandung banyak bromelain yang bermanfaat untuk pencegahan kanker, pengurangan peradangan serta melancarkan sistem pencernaan.

Kandungan Nanas

kandungan dan manfaat nanas

Nanas mengandung vitamin C dan mangan, mereka sangat baik untuk menyembuhkan sakit gusi dan merevitalisasi sistem kekebalan tubuh kita. Nanas juga mengandung sumber vitamin B1, vitamin B6 dan juga folat. Semua ini membantu menjaga integritas tubuh anda agar selalu sehat.

Manfaat Nanas untuk Kesehatan

Berikut adalah 10 manfaat nanas untuk kesehatan tubuh manusia.

1. Sumber karbohidrat sehat

Nanas mengandung tiga jenis karbohidrat yang membantu tubuh, yaitu glukosa, sukrosa dan fruktosa. Mereka diperlukan untuk tubuh dan secangkir nanas memiliki sekitar 21,7 gram karbohidrat. Ini artinya meskipun semua yang anda konsumsi hanya nanas, anda masih mendapatkan karbohidrat yang cukup yang diperlukan untuk bertahan hidup.

2. Meningkatkan imunitas

Manfaat nanas dapat meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh. Karena nanas mengandung bromelain, yang berfungsi sebagai pelindung utama terhadap virus eksternal yang menyerang tubuh anda. Di balik rasanya yang enak, buah ini sangat menyehatkan untuk tubuh. Peningkatan imunitas juga akan mengurangi kerusakan pada organ terhadap penyakit radang sehingga membuatnya tidak akan mendapat kesempatan untuk menyerang tubuh anda sejak awal.

3. Menurunkan risiko kanker

Manfaat buah nanas lainnya yaitu dapat menurunkan resiko kanker. Bromelain adalah senyawa anti-inflamasi atau anti-peradangan aktif yang membantu mencegah penyebaran sel kanker ke seluruh tubuh. Penelitian menyatakan bahwa peningkatan asupan buah berwarna kuning ini dapat membantu mengurangi risiko kanker.

4. Membantu menyembuhkan luka

Ada beberapa penyakit yang dapat menurunkan penyembuhan tubuh terhadap penyakit tersebut. Tubuh yang lemah tidak dapat mempertahankan pertumbuhan selnya sehingga kehidupan orang tersebut bisa terancam. Jumlah tinggi bromelain dalam nanas telah terbukti meningkatkan kemampuan penyembuhan pada manusia. Penelitian yang dilakukan di Universitas Saarland menghasilkan temuan yang luar biasa sehingga kemudian temuan ini digunakan untuk memproduksi dan mempromosikan lotion nanas.

5. Meningkatkan kesehatan usus

Usus adalah indikator utama kesehatan anda. Usus yang berish dan sehat akan menunjukkan efeknya pada raut wajah seseorang sedangkan pencernaan yang buruk dapat menyebabkan beberapa masalah pencernaan. Orang yang makan nanas secara teratur dapat menghindari kembung dan masalah pencernaan lainnya seperti sembelit dan sebagainya.

6. Memperkuat tulang

Bromelain dan mangan dalam nanas sangat penting untuk regenerasi tulang serta pertumbuhan tulang. Nanas memiliki jumlah mangan yang cukup banyak sehingga menjadikannya pengganti daging atau susu yang sempurna. Oleh karena itu sebuah penelitian di Jerman menyatakan bahwa dengan mengonsumsi satu cangkir nanas, Anda dapat mencukupi 65% dari asupan mineral harian anda.

7. Meningkatkan kesehatan mata

Jika anda memiliki penglihatan yang lemah, anda bisa mencoba mengkonsumsi nanas. Berdasarkan penelitian terbaru, telah terbukti berhasil bahwa makan nanas dapat membantu menyembuhkan penglihatan anda. Biasanya, sebagian orang akan pasrah pada penglihatan yang menurun ketika usa mereka melewati empat puluhan, namun dengan makan nanas setiap hari dapat memperlambat degenerasi makula.

8. Meningkatkan kesehatan jaringan dan seluler kulit

Manfaat nanas juga membantu menjaga kulit anda tetap sehat dan mencegah masalah kulit yang disebabkan oleh degenerasi seluler. Orang yang mengonsumsi satu nanas sehari diketahui memiliki peningkatan sintesis kolagen, yang merupakan bagian integral dari kesehatan kulit anda. Selain itu, nanas juga mengandung vitamin C, yang dalam banyak kasus, dapat membantu peremajaan kulit. Oleh karena itu makan nanas dapat menjaga kesehatan jaringan dan seluler tubuh anda.

9. Meredakan flu

Perubahan musim membawa beragam penyakit. Banyak orang mengalami flu, termasuk hidung meler serta sistem kekebalan tubuh yang lemah. Bromelain telah terbukti berperan penting dalam mengurangi produksi lendir dan juga meningkatkan efektivitas sistem kekebalan tubuh. Intinya, makan nanas dapat membantu meredakan flu.

10. Memperkuat gusi

Nanas juga mengandung astringent, yang membantu mencegah bakteri menyerang gusi anda. Kita masih rentan terhadap infeksi bakteri di gusi terlepas dari apakah kita menyikat gigi atau tidak. Dalam situasi itu, secangkir nanas dapat membantu mengurangi risiko masalah gusi selama berminggu-minggu, belum lagi rasa sakit yang terus-menerus saat mengunyah sesuatu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *