10 Manfaat Rambutan yang Jarang Diketahui

oleh

Manfaat Rambutan bermacam-macam meliputi: menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan kulit, melancarkan pencernaan, mengobati anemia, mencegah kanker, dan lain-lain.

Buah rambutan termasuk dalam famili Sapindaceae. Tumbuhan ini asli dari Indonesia dan Malaysia, serta banyak ditanam dan dipanen di negara ini.

Kandungan Rambutan

Yang membuat rambutan memiliki banyak manfaat karena kandungan-kandungan berikut: Rambutan mengandung mangan, seng, natrium, kalium, fosfor, kalsium, besi dan magnesium. Terdapat kandungan vitamin B dan vitamin C yang tinggi, serta terdapat beberapa senyawa organik yang unik, termasuk asam sinamat, vanilin, dan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. Buah-buahan ini juga rendah kalori. Ada juga sejumlah kecil protein, serat makanan, dan karbohidrat.

Buah ini sangat mudah ditemui di Indonesia baik di musim kemarau ataupun musim hujan. Seperti yang disebutkan di atas, ternyata rambuatan termasuk buah yang memiliki banyak nutrisi. Lalu apa sajakah manfaatnya untuk kesehatan? SimakĀ 10 Manfaat Rambutan yang Jarang Diketahui berikut.

Manfaat rambutan untuk kesehatan

1. Menajaga Kesehatan Jantung

Manfaat rambutan yang pertama karena mengandung banyak serat yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Kandungan rambutan membantu kadar kolesterol dijaga dalam kisaran normal, karena serat mampu mengikat dan mendorong kolesterol.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Rambutan adalah sumber Vitamin C yang sangat baik, yang merupakan nutrisi penting dalam menjaga kesehatan kulit. Vitamin C dapat mengurangi dampak stres oksidatif dan kerusakan pada kulit, yang dapat menyebabkan penuaan dan kerutan.

Selain itu, Vitamin C terlibat dalam sintesis kolagen, protein struktural yang membangun kulit dan jenis jaringan ikat lainnya. Sintesis kolagen berkurang seiring bertambahnya usia sehingga penting untuk menjaga tingkatannya dengan mengkonsumsi cukup vitamin C.

3. Melancarkan Pencernaan

Manfaat rambutan lainnya yaitu dapat membantu mencegah sembelit dan melancarkan pencernaan karena kandungan seratnya dan kadar airnya yang tinggi. Serat membantu kotoran untuk bergerak cepat melalui saluran pencernaan sehingga mudah dihilangkan.

4. Pengobatan Anemia

Rambutan kaya akan zat besi, yang merupakan mineral kunci dalam sel darah merah. Kekurangan akan zat besi dapat meningkatkan frekuensi terkena anemia. Oleh karena itu, kandungan zat besi dalam rambutan dapat membantu untuk mencegah anemia defisiensi besi dan juga mengatasi gejala yang sudah ada.

Selain itu, Vitamin C dalam rambutan juga membantu meningkatkan penyerapan zat besi.

5. Mencegah Kanker

Salah satu manfaat rambutan sama seperti banyak buah-buahan kaya antioksidan lainnya memiliki potensi membantu mencegah timbulnya kanker dalam tubuh. Hal ini karena rambutan kaya akan sumber antioksidan seperti vitamin C yang dapat membantu menetralisir efek radikal bebas berbahaya yang dapat merusak sel.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin antioksidan yang dikandungnya membantu mengurangi dampak oksidasi dan peradangan pada sel-sel tubuh yang dapat menimbulkan dan memperparah kanker.

7. Memiliki Sifat Afrodisiak

Rambutan telah dikonsumsi selama berabad-abad oleh penduduk asli negara-negara Asia Tenggara karena memiliki sifat afrodisiak atau dapat meningkatkan gairah seksual. Fakta lainnya, buah ini telah dikenal sebagai obat herbal tradisional untuk impotensi karena dipercaya dapat membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, dan juga merangsang produksi testosteron yang berpengaruh terhadap gairah seksual.

8. Baik untuk Kesehatan Rambut

Meskipun rambutan adalah buah, ia masih memiliki asam amino yang dapat bermanfaat bagi kesehatan serat rambut, membantu mencegah penipisan, dan mencegah rambut beruban.

Untuk mendapat manfaat rambutan ini, anda bisa menggunakan jus rambuan di kulit kepala, biarkan selama 15 menit lalu cuci bersih.

9. Obat Alami Demam

Kulit rambutan memiliki sifat antipiretik yang dapat membantu mengobati demam dan penyakit terkait.

Rambutan sangat cocok untuk pengobatan demam, karena sifat antimikroba juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam memerangi patogen asing yang mungkin menjadi sumber demam.

10. Sifat Analgesik

Tidak hanya daging atau kulitnya saja, daun rambutan juga mengandung zat yang memberikan efek analgesik atau pereda nyeri ringan hingga sedang.

Daunnya bisa ditumbuk dan dikonsumsi, atau dioleskan ke kulit untuk meredakan bagian tubuh yang terasa sakit.

Nah, itulah beberapa manfaat rambutan untuk kesehatan. Pada dasarnya buah-buah memang baik untuk manusia, namun rambutan sangat cocok untuk dikonsumsi secara rutin karena mudah ditemui dan memiliki nutrsi yang lengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *