8 Manfaat Tomat yang Hebat bagi Kesehatan

oleh

Manfaat tomat sangat banyak bagi kesehatan termasuk menjaga kesehatan jantung, mengurangi risiko kanker, membantu mengelola gejala pembesaran prostat, mendukung kesehatan kulit, meningkatkan kesehatan tulang, mengurangi risiko, mendukung kesehatan mata, dan lain-lain. Manfaat lain termasuk mencegah perkembangan kondisi neurologis, mendukung penurunan berat badan dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Tomat, yang juga bernama lycopersicon esculentum, adalah buah-buahan yang memiliki warna dan ukuran mulai dari kuning, oranye dan merah. Tomat diklasifikasikan sebagai buah-buahan, namun mereka tidak memiliki karakteristik “buah” manis seperti lainnya, dan memiliki rasa asam yang tajam.

Kandungan Tomat

Mengiris tomat

Manfaat buah tomat bagi kesehatan sangat banyak karena tomat kaya akan nutrisi dan vitamin. Menurut Database Nutrisi Nasional USDA, tomat mengandung sejumlah vitamin A, vitamin C, dan vitamin K, serta sejumlah besar vitamin B6, folat, dan tiamin. Mereka juga merupakan sumber kalium, mangan, magnesium, fosfor, dan tembaga yang baik. Mereka memiliki serat makanan dan protein, serta sejumlah senyawa organik seperti likopen yang berkontribusi besar pada kesehatan manusia.

Manfaat Tomat

Berikut adalah beberapa manfaat tomat yang hebat bagi kesehatan:

1. Tomat menjaga kesehatan jantung

Konsumsi tomat secara teratur memiliki banyak efek menguntungkan bagi jantung, sebagian besar disebabkan oleh beta karoten dan Lycopene anti-oksidan yang terkandung dalam tomat. Kandungan tersebut membantu mengurangi dampak kerusakan oksidatif pada jantung, mencegah pembentukan gumpalan darah yang berbahaya, dan juga memberikan efek penurun kolesterol.

2. Konsumsi tomat mengurangi risiko kanker

Konsumsi tomat bisa meningkatkan berkurangnya risiko kanker, terutama yang berasal dari prostat, usus besar, dan payudara. Efek positif dikaitkan oleh kehadiran Lycopene dan nutrisi lain yang memainkan peran pendukung dalam pencegahan kanker.

3. Tomat baik untuk kulit

Manfaat tomat untuk kulit

Secara volume, tomat mengandung sekitar 95% air, yang membuatnya sangat membantu menjaga kesehatan kulit anda. Tidak hanya itu saja, Lycopene dalam tomat memiliki efek yang dapat memantulkan sinar UV, mengurangi kemungkinan kerusakan akibat paparan sinar matahari.

4. Tomat meningkatkan kesehatan tulang

Kadar Lycopene dalam tomat juga sangat bermanfaat untuk mencegah kerusakan oksidatif pada tulang. Banyak orang tidak menganggap tulang sebagai organ yang hidup, tetapi jika anda masih hidup, demikian juga tulang. Pentingnya likopen dikonfirmasi pada wanita pascamenopause, yang mengalami kehilangan tulang yang dipercepat ketika konsumsi tomat dihentikan.

5. Tomat baik untuk mata

Tomat mengandung Vitamin A dan anti oksidan karotenoid yang terkait, yang mengurangi kerusakan makula mata, membantu melindungi saraf optik dan meningkatkan penglihatan pada malam hari. Selain itu, likopen memiliki efek menangkis radikal bebas, mengurangi gejala keburaman, katarak dan membantu menjaga mata berfungsi optimal sampai usia tua.

6. Tomat memperlambat perkembangan kondisi Neurologis

Lycopene memberikan efek yang kuat ini dalam menjaga fungsi otak yang optimal, yang bersama dengan jumlah folat yang sedikit dalam tomat, dapat memecah tingkat homocysteine ​​yang meningkat (yang dapat meningkatkan inflamasi).

8. Tomat meningkatkan kekebalan tubuh

Tomat kaya akan banyak vitamin anti-oksidan, seperti C dan E, yang memperkuat kekuatan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan produksi sel darah putih. Sebagian besar dari sistem kekebalan tubuh juga ada dalam saluran pencernaan, meskipun banyak orang tidak menyadarinya, serat larut tomat dapat membantu mendukung makanan mereka juga. Secara holistik, tomat menawarkan dukungan tak tertandingi untuk sistem kekebalan tubuh Anda, jadi jangan berhemat pada pembangkit nutrisi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *