7 Cara Mengobati Batu Ginjal Secara Alami

oleh

Beberapa cara mengobati batu ginjal secara alami yaitu dengan mengkonsumsi bahan-bahan berikut; air putih, lemon, rdelima, seledri, kacang merah, teh hijau, dan teh daun jelatang.

Ada banyak orang yang menderita batu ginjal tanpa pernah menyadarinya, yang diawali sebagai nyeri tumpul yang berasal dari punggung bawah. Untuk sebagian besar, batu ginjal tidak terlalu berbahaya, tetapi dapat mengganggu dan menyebabkan ketidaknyamanan.

Batu ginjal sering terbentuk baik pada pria atau wanita ketika mineral tertentu, sering kali kalsium, disimpan dan kemudian mengkristal dalam ginjal. Ada mineral lain yang dapat menyebabkan batu ginjal juga, tetapi kalsium adalah yang paling umum.

Untungnya, ada banyak pengobatan batu ginjal secara alami yang dapat anda manfaatkan untuk mengobati atau mencegah batu ginjal terbentuk secara bersamaan. Banyak dari bahan-bahan alami ini dapat ditemukan di dapur dan lingkungan rumah anda.

Cara Mengobati Batu Ginjal Secara Alami

Berikut adalah 7 bahan-bahan herbal yang disarankan dikonsumsi untuk mencegah dan mengobati penyakit batu ginjal.

1. Air putih

Dehidrasi sejauh ini merupakan penyebab paling umum batu ginjal, karena hampir 75% populasi dunia tidak mengkonsumsi air yang cukup setiap hari. Asupan air harian yang disarankan adalah delapan gelas atau dua liter, tetapi sangat sedikit orang yang benar-benar mendapatkan jumlah ini.

Dengan mengkonsumsi cukup air putih setiap hari membantu membuang residu mineral keluar dari ginjal, mencegah pengendapannya dan kristalisasi lalu pembentukan batu.

2. Lemon

lemon untuk mengobati batu ginjal

Mengobati batu ginjal secara alami menggunakan lemon yang baru diperas atau konsentratnya bisa digunakan setiap hari jika anda rentan terhadap batu ginjal. Lemon juga mengandung sitrat, yang bisa menghancurkan batu kalsium dari pembentukan di ginjal.

Jus lemon yang dikonsumsi secara rutin juga dapat membantu memecah dan melarutkan batu-batu kecil yang dapat dengan mudah dikeluarkan dalam urin. Selain itu, lemon memiliki sifat antibakteri alami yang dapat membantu melindungi anda dari infeksi saluran kemih.

3. Delima

Delima adalah superfood yang sarat akan antioksidan dan senyawa phytocompany yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dalam kaitannya dengan mengobati batu ginjal, buah delima dapat mengurangi keasaman urin, yang merupakan salah satu faktor yang mendorong pembentukan batu. Lebih kecil kemungkinannya terbentuk di ginjal jika urin lebih basa.

4. Teh hijau

teh hijau untuk mengobati batu ginjal

Teh hijau sangat bagus untuk menurunkan berat badan dan kesehatan secara keseluruhan, berkat kehadiran senyawa antioksidan dan fenol. Dalam kaitannya dengan mengobati batu ginjal, teh hijau dapat membantu melindungi anda dengan meningkatkan ekskresi oksalat melalui urin. Mayoritas batu ginjal adalah kalsium oksalat, jadi dengan mengurangi kemungkinan kedua senyawa ini berinteraksi, hal ini juga bisa mengurangi risiko pengembangannya.

5. Seledri

Seledri dapat membantu mengobati batu ginjal. Karena seledri memberikan efek diuretik yang meningkatkan frekuensi buang air kecil.

Faktor lain yang perperan dalam pembentukan batu ginjal adalah frekuensi buang air kecil, karena orang-orang yang buang air kecil lebih sedikit sehari lebih mungkin untuk mengembangkan batu ginjal karena deposit mineral tidak segera diproses di dalam ginjal dan kandung kemih.

Selain itu, sangat penting untuk anda minum cukup air, atau seledri tidak akan mampu memberikan efek maksimalnya dalam mengurangi pembentukan batu.

6. Daun jelatang

Daun jelatang memiliki sifat antihistamin, kemampuan untuk meningkatkan kadar testosteron, dan dapat membantu mengobati dan mencegah batu ginjal.

Daun jelatang memiliki sifat diuretik alami, yang membantu membuang asam urat, oksalat dan ion kalsium yang mungkin ada. Meningkatkan diuresis adalah salah satu cara cukup efektif untuk mencegah pembentukan batu, dan ditambah dengan sifat-sifat antibakteri yang melindungi ginjal dan saluran kemih.

7. Kacang merah

Kacang merah merupakan sumber magnesium yang berperan penting dalam pencegahan batu ginjal. Orang yang mengkonsumsi magnesium cenderung lebih sedikit mengalami pembentukan batu kalsium, karena magnesium dan kalsium memiliki keseimbangan yang saling melengkapi.

Akan sulit untuk mengkonsumsi kacang merah setiap hari, jadi pilihan yang lebih praktis adalah merebus kacang dan mengonsumsi cairan yang diekstrak.

Kesimpulan

Meskipun cara mengobati batu ginjal secara alami di atas terlihat efektif dan aman, namun cara terbaik untuk terhindar dari batu ginjal adalah dengan melakukan pencegahan. Mengingat, tidak ada cara pasti untuk melindungi diri anda dari batu ginjal 100%, tetapi pilihan gaya hidup sehat seperti olahraga dan diet (karena obesitas dapat meningkatkan kemungkinan pembentukan batu ginjal), dan memastikan asupan air yang cukup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *