Menstrual Cup Review dan Cara Penggunaan

oleh

Apa itu Menstrual Cup?

Menstrual cup adalah corong penadah darah menstruasi yang terbuat dari silikon medis. Bentuknya persis seperti lonceng terbalik dengan pegangan (stem) di bagian bawah. Menstrual cup dapat digunakan berulang kali sehinga lebih ramah lingkungan. Dengan perawatan yang tepat, alat ini dapat awet hingga 10 tahun.

Menstrual cup digunakan sebagai pengganti pembalut untuk wanita saat menstruasi. Manfaat lainnya dapat menampung lebih banyak darah hingga 40 ml, sedangkan pembalut hanya 7 ml.  Menstrual cup dapat digunakan sampai 12 jam, selebihnya anda harus melepas dan mengosongkan isinya, atau tergantung dari banyaknya darah setiap wanita.

Bagi wanita yang ingin menggunakan menstrual cup, sebaiknya konsultasi dengan dokter kandungan untuk mengetahu ukuran yang sesuai. Menstrual cup ukuran kecil direkomendasikan untuk wanita berumur dibawah 30 tahun dan belum pernah melahirkan. Sedangkan ukuran lebih besar direkomendasikan untuk wanita diatas 30 tahun dan telah melahirkan normal.

review menstrual cup
review menstrual cup

 

Bagaimana Rasanya pakai mens cup

Anda tidak akan merasakan apa-apa ketika menstrual cup terpasang dengan baik benar. Sebelum pakai dan setelah pakai akan sama. Jika kamu merasakan ada sesuatu yang mengganjal atau kram, berarti pemasangan belum pas, coba lepas dan pasang ulang mens cup

Cara Menggunakan Menstrual Cup

Bagi anda yang akan beralih dari pebalut ke Menstrual Cup, berikut langkah-langkah cara menggunakan menstrual cup

  1. Cuci tangan terlebih dahulu, dengan sabun sampai bersih
  2. Oleskan pelumas berbahan dasar air ke ujung menstrual cup.
  3. Posisikan diri senyaman mungkin, bisa dengan posisi duduk atau jongkok.
  4. Lipat menstrual cup ke dalam dan membentuknya seperti segitiga atau huruf u. Pegang dan arahkan masuk ke dalam vagina dengan bantuan pelumas.

    Simak video penggunaan dibawah ini

Setelah 12 jam atau ketika dirasa penuh saatnya kamu mengeluarkan menstrual cup dan buang darah menstruasi. Dan cuci bersih menstrual cup

Berikut cara mengeluarkan menstrual cup:

  1. Cuci tangan kamu sampai bersih.
  2. Tempatkan jari telunjuk dan ibu jari ke dalam vagina. Tarik tangkai menstrual cup dengan lembut sampai bisa menemukan ujungnya.
  3. Jepit dan tarik ke bawah dengan pelan dan lembut untuk melepas menstrual cup. Setelah keluar, kosongkan darah menstruasi.
  4. Cuci bersih menstrual cup

Cara membersihkan menstrual cup

Sebelum atau setelah siklus menstruasi Mens Cup harus direbus terlebih dahulu dengan air mendidih. Selama penggunaan ketika siklus menstruasi, anda cukup membersihkannya dengan air mengalir dan sabun yang lembut.

Bagaimana Tertarik menggunakan Menstrual Cup ?

Semoga review menstrual cup ini bisa menjadi referensi anda untuk yang ingin beralih dari pembalut ke corong penadah darah menstruasi yang lebih ramah lingkungan. Terimakasih

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *