Tips Mengatasi Sembelit saat Hamil

oleh

Tips Mengatasi Sembelit saat Hamil – Saat menjalani kehamilan, ada beberapa masalah kesehatan yang biasa dialami wanita, seperti sembelit, sering buang air kecil dan wasir. Berbagai masalah ini sering menyebabkan ketidaknyamanan.

Masalah kesehatan biasanya disebabkan oleh hormon-hormon tertentu yang timbul selama kehamilan dan menyebabkan siklus tubuh tidak berfungsi secara normal. Salah satunya adalah konstipasi atau kesulitan buang air besar saat hamil. Ciri-ciri konstipasi pada ibu hamil adalah tidak buang air besar sesering biasanya atau lebih dari 3 hari. Sembelit juga dapat menyebabkan tinja yang lebih keras, baik kecil maupun besar.

Nah, bagi para Ibu Hamil, ada 3 tips sederhana untuk mengatasi sembelit saat hamil yang bisa dilakukan. Berikut ini tipsnya:

1. Konsumsi makanan berserat

Tips mengatasi sembelit saat hamil yang pertama adalah dengan mengkonsumsi makanan berserat. Ada banyak makanan berserat yang bisa dikonsumsi, terutama buah-buahan dan sayuran. Selain itu, kacang-kacangan juga termasuk dalam makanan yang mengandung banyak serat. Beras merah, gandum olahan, dan gandum utuh juga merupakan sumber serat yang mencukupi.

Tips untuk mengonsumsi makanan berserat adalah dengan memadukannya dengan berbagai menu, bukan hanya satu jenis. Selain itu, untuk berbagai jenis buah dan sayuran, bisa dimakan bersamaan dengan kulitnya, seperti mentimun, apel dan pir. Namun sebelumnya, cuci buah dan sayuran sampai bersih.

Tips lainnya adalah mengganti jenis paket camilan dengan buah atau kacang tanpa tambahan garam. Metode ini akan membuat Anda lebih termotivasi untuk lebih sering makan menu berserat.

2. Banyak bergerak

Tips mengatasi sembelit saat hamil selanjutnya, dengan memperbanyak gerakan. Anda bisa berolahraga atau melakukan aktivitas gerakan senam Ibu Hamil. Lakukan ini secara teratur agar metabolisme berjalan dengan lancar dan otot-otot juga bergerak, termasuk otot perut.

Untuk wanita hamil, lakukan gerakan olahraga seperti yang disarankan para ahli. Lakukanlah beberapa gerakan ringan dan tidak terlalu berat.

3. Cukup minum air putih

Selain konsumsi makanan, perhatikan juga konsumsi cairan yang masuk ke dalam tubuh. Sangat penting bagi wanita hamil untuk minum cukup air untuk kesehatan janin. Selain itu, air juga berperan dalam membantu bekerja serat dalam proses pencernaan usus. Jika tubuh kekurangan cairan, tinja bisa menjadi keras dan sulit untuk dikeluarkan. Inilah yang menyebabkan sembelit.

Itulah, 3 tips sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengatasi sembelit saat hamil. Selain hormon, terkadang penyebab sembelit selama kehamilan adalah konsumsi suplemen zat besi yang diresepkan oleh dokter. Pada beberapa orang, ini bisa sangat berpengaruh. Jadi, sebelum mengonsumsi suplemen ini, pahami dulu efek sampingnya. Jika perlu, tanyakan kepada dokter Anda tentang suplemen zat besi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *