Tips Mengolah Makanan Sehat ala Chef Juna

oleh
instagram.com/junarorimpandeyofficial

Tips Mengolah Makanan Sehat ala Chef Juna. Dengan santai dia menjawab serta membeberkan tips-tips memasak yang lezat tapi nutrisi masakan tetap terjaga.

“Memberi rasa di makanan, cukup beri gula, garam, lada, tinggal mengatur komposisinya untuk mendapatkan rasa lezat, tanpa menggunakan penyedap. Makanan pun jauh lebih sehat,” jawabnya, saat ditanya mengapa di setiap resepnya tak pernah menggunakan penyedap rasa.

Dalam penyajian, Juna pun menyampaikan bila garnish adalah hal yang perlu diperhatikan. Agar makanan tampak lebih cantik dan menggugah selera.

“Tapi memberi garnish juga jangan terlalu berlebihan, jangan sampai merusak rasa makanan,” tukasnya.

Tips Mengolah Makanan Sehat ala Chef Juna
sumber: instagram.com/junarorimpandeyofficial

Tips Mengolah Makanan Organik

Makanan organik sering jadi pilihan untuk gaya hidup sehat. Begitu juga yang dilakukan Juna Rorimpandey atau biasa dikenal sebagai Chef Juna. Menurut cowok yang pernah jadi juri kompetisi masak ini, makanan organik perlu pengolahan yang tepat. Ini penjelasan Chef Juna tentang bahan makanan organik:

Apa sih makanan organik?

Dari katanya sendiri, makanan organik ini benar-benar alami. Dalam penanamannya nggak pakai hormon tambahan atau pupuk buatan. Bahkan minim penggunaan semprotan hama atau nggak pakai sama sekali. Jadi kalau habis dipetik itu bisa dimakan begitu aja.

Cara pengolahannya yang tepat?

Untuk makanan organik, pengolahan secukupnya saja. Nggak perlu dicuci sampai berulangkali. Atau karena takut bakteri jadi dipanaskan sampai berlebihan. Ini malah membuat kandungan alaminya hilang. Bahan makanan organik kan sudah dirawat dengan baik dari awal, jadi pengolahannya lebih minim. Tujuannya biar mendapatkan banyak manfaat alami dari bahan tadi.

Cara membersihkan bahan makanan organik?

Kalau untuk sayuran cukup dibersihkan dengan air biasa atau air dingin. Nggak perlu pakai air panas karena malah bikin sayuran jadi layu. Untuk buah, juga sama dibersihkan langsung pakai air. Ada beberapa jenis yang perlu direndam dulu beberapa lama. Ditunggu sampai mengapung baru dibilas. Ya, lebih sederhana dari buah atau sayuran berpestisida yang pastinya harus lebih higienis.

Apa termasuk penggemar makanan organik?

Saya bukan termasuk yang addict sama organic food. Kadang-kadang pakai bahan organik tapi nggak harus pakai itu terus. Dulu waktu tinggal di California juga tetangga dan teman-teman banyak yang menanam sayur sendiri. Tapi kalau di sini belum sih. Lebih ke lifestyle masing-masing orang ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *